< Community

Komikin Ajah Berbagi Komik Melalui Media Sosial

Komikin Ajah Berbagi Komik Melalui Media Sosial

Community

Sebelum fenomena komik Instagram banyak disukai warganet, komunitas Komikin Ajah sudah lebih dahulu eksis. Saat semakin banyak komik-komik yang bermunculan di Instagram, Komikin Ajah menjadi akun pertama yang mengunggah ulang dan merangkum komik-komik terbaik karya komikus Instagram lokal.

Setiap harinya, para admin komunitas terbesar di Indonesia ini mempublikasikan karya komikus Tanah Air. Sekali unggah, komik tersebut langsung dibanjiri likes dan komen. Gambar yang erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat perkotaan menjadi yang paling favorit bagi warganet.

Akun Instagram @komikin_ajah pertama kali mengunggah komik pada bulan Maret 2014. Awalnya, ada tiga admin yang mempublikasikan karya-karya komikus Indonesia ke timeline, lalu dipangkas menjadi dua admin saja.


Photo Source: @komikin_ajah

Salah seorang anggota menjelaskan, Komikin Ajah juga memiliki grup untuk mengumpulkan para komikus yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Dari grup tersebut, para komikus bisa saling kenal dan berbagi ilmu tentang komik.

Setiap harinya ada 15 - 20 komik yang diunggah oleh akun @komikin_ajah. Cara tersebut guna mempromosikan komikus dan komik Instagram-nya. Lambat laun, karya mereka pun makin disukai masyarakat.

Komikin Ajah kini terus melesat dan semakin banyak pengikutnya yang kini sudah mencapai 2,1 juta followers. Komikus yang terlibat pun tersebar dari seluruh penjuru negeri. Ada lebih dari 18 kota yang berpatisipasi di antaranya dari Medan, Padang, Riau, Jambi, Palembang, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Ponorogo, Bali, dan Makassar.

Cara mengkurasi komik-komik tersebut pun cukup mudah. Biasanya admin yang bertugas akan mencari komik yang sudah diunggah, serta me-mention dan tag akun Komikin Ajah. Yang akan di-repost nantinya merupakan komik yang tidak menyinggung SARA, pornografi, dan tidak menjelek-jelekkan pihak tertentu tanpa alasan yang benar. Selebihnya baru dinilai dari sisi kualitas gambar. Karena komik dengan gambarnya bagus, belum tentu berisi konten yang bagus pula.

Fenomena “komik Instagram” pun dinilai menjadi tren yang unik. Karena masyarakat dapat menikmati komik langsung di ponsel mereka.

Bagi Komikin Ajah, adanya komik-komik dari para komikus Instagram ini juga menjadi penyebab kesuksesan mereka dan dikenal masyarakat luas.