Saturday, September 21, 2019
Community
Community

Komunitas Ini Ajak Tukar Baju untuk Melestarikan Lingkungan

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
06, September 2019
149

Saat ini, mengurangi sampah dalam kegiatan sehari-hari menjadi gaya hidup. Kegiatan yang juga dikenal dengan istilah zero waste tersebut mendasari komunitas satu ini untuk mengajak masyarakat meminimalisir sampah harian.

Komunitas Zero Waste Indonesia (ZWID) yang terbentuk di tahun 2018 lalu meluncurkan berbagai program unik termasuk Tukar Baju. Melihat persoalan sampah termasuk sampah industri fesyen yang sulit terurai, program Tukar Baju dicetuskan oleh ZWID dengan tujuan mengurangi baju (sampah) dalam lemari.

photo source: https://www.instagram.com/zerowaste.id_official/

Anda yang mungkin sudah bosan atau memiliki baju tidak terpakai dalam lemari bisa mengikuti program ini dan mendapatkan baju (koleksi) baru yang disediakan oleh ZWID. Sebelum ditukar, baju yang masih layak pakai akan dikurasi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Peserta yang ikut program Tukar Baju nantinya mendapat token (seperti uang) yang digunakan untuk mendapatkan baju yang diinginkan.

Selain Tukar Baju, ZWID juga mengadakan diskusi online melalui aplikasi WhatsApp, konsultasi untuk menumbuhkan pola hidup zero waste di lingkungan baik rumah maupun kantor dan piknik asyik.

Komunitas Zero Waste Indonesia terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung. Jika Anda memiliki kepedulian yang sama untuk membebaskan Indonesia dari masalah sampah, jangan ragu bergabung dengan komunitas ini.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration