< Community

Komunitas Jelajah Budaya Peduli Warisan Bangsa

Komunitas Jelajah Budaya Peduli Warisan Bangsa

Community

08179940173 021-99700131

kartum_boy@yahoo.com

Komunitas Jelajah Budaya (KJB) adalah komunitas yang peduli pada seni, budaya, dan peninggalan bersejarah. Komunitas ini didirikan pada 17 Agustus 2003 oleh beberapa mahasiswa dan alumni perguruan tinggi di Jakarta sebagai bentuk keprihatinan terhadap kurangnya perhatian dan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya bangsanya sendiri. Lalu apa saja kegiatan yang dilakukan komunitas ini dalam bentuk kepeduliannya terhadap warisan bangsa?

Kegiatan KJB meliputi Jelajah Kota Toea, Night Time Journey at Museum, hingga diskusi sejarah dan budaya. Semua kegiatan tersebut bermaksud untuk memperkenalkan sejarah Jakarta kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya, sehingga memunculkan kecintaan terhadap warisan bangsa yang harus dilestarikan keberadaannya.

KJB juga rutin memanfaatkan momentum hari bersejarah seperti HUT RI, Sumpah Pemuda, atau Imlek dengan berbagai aktivitas, seperti tur ke kawasan Glodok, menyambangi klenteng, serta mendatangi pusat jajanan kuliner lokal.

Tak hanya memperdalam pengetahuan masyarakat tentang kebudayaan Tanah Air, komunitas ini juga menggelar kegiatan napak tilas sejarah di Indonesia. Tiap aktivitasnya dirancang dengan santai dan kerap mendatangkan para pakar sejarah sebagai tamu untuk mengedukasi para pesertanya.