< Community

KPSGI – Wadah Berkumpulnya Para Pecinta Sugar Glider

KPSGI – Wadah Berkumpulnya Para Pecinta Sugar Glider

Community

Bagi Anda yang mengaku sebagai pecinta hewan, sudahkah Anda mengenal hewan yang satu ini? Hewan mungil nan menggemaskan asal Timur Indonesia ini bernama Sugar Glider atau dalam bahasa ilmiahnya bernama Petaurus Brevicep.

Dinamakan Sugar Glider, karena hewan lucu ini menyukai makanan yang manis-manis. Sugar Glider termasuk hewan marsupial atau berkantung. Sepintas memang terlihat mirip tupai. Hewan ini memiliki kantung pada betina seperti halnya Kanguru dan Koala.

Sugar Glider mulai populer dan menjadi hewan peliharaan favorit sejak tujuh tahun yang lalu. Tubuhnya yang kecil membuatnya bisa dibawa kemana-mana, karena bisa dimasukan ke dalam saku ataupun tas. Karena itu pulalah Sugar Glider juga disebut sebagai peliharaan saku.

Ada beberapa jenis Sugar Glider yang bisa dibedakan dari corak warnanya. Seperti jenis black atau grey beauty. Jenis ini yang paling sering menjadi peliharaan. Ada juga jenis cinnamons dengan warna lebih kecokelatan dan lions dengan corak wana abu keemasan.

Photo Source: http://www.tribunnews.com

Cara pemeliharaan dan perawatan Sugar Glider cukup mudah. Yang terpenting adalah kebersihan kandang yang harus selalu terjaga. Selain tentunya perhatian dan kasih sayang pemiliknya karena Sugar Glider termasuk hewan yang manja. Setelah lama dipelihara, hewan ini akan mengenali pemiliknya berdasarkan bau tubuhnya.

Makanannya juga mudah dicari. Anda bisa memberinya bubur bayi, serangga seperti jangkrik dan ulat Hongkong ataupun makanan Sugar Glider yang telah dikemas dan banyak ditemukan di toko-toko hewan.

Sugar Glider merupakan hewan yang berkoloni. Biasanya sang jantan melakukan poligami dengan sejumlah betina. Sugar Glider dalam bereproduksi tidak mengenal musim dan biasa menghasilkan 1-2 Joey (sebutan untuk anak Sugar Glider). Nah, si Joey ini biasanya berada dalam kantung induknya selama 2 bulan. Setelah itu, mereka akan keluar dari kantung (pouch/oop). Sugar Glider sendiri tercatat mampu bertahan hidup 5-10 tahun.

Lucunya hewan ini, membuat banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya. Berawal dari sharing dan saling bertukar info tentang Sugar Glider, pada 7 April 2011 di sebuah jaringan sosial media, terbentuklah Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia (KPSGI). Saat ini KPSGI memiliki 13 regional Wilayah, salah satunya ada di Jakarta.

Biasanya, setiap wilayah rutin mengadakan acara gathering untuk sharing infomasi. sekaligus jadi ajang untuk menambah teman tentunya.

Saat ini, anggota KPSGI sudah banyak yang mengembang biakkan Sugar Glider. Selain karena hobi, juga karena ingin melestarikan keberadaannya.

Jika Anda tertarik memelihara Sugar Glider sekaligus ingin bergabung dengan komunitas ini, Anda bisa kunjungi akun Instagram mereka yang tertera di bawah ini!