< Recreation

Lakukan 6 Hal ini Saat Berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan

Lakukan 6 Hal ini Saat Berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan

Recreation Senin: Tutup, Selasa - Minggu: 07.00 - 16.00 WIB

Murah meriah dan dapat menambah wawasan, dua hal itulah yang menjadi alasan banyak warga Jakarta memilih Taman Margasatwa Ragunan sebagai tempat berlibur saat akhir pekan tiba. Hanya dengan modal Rp4.000,- per orang untuk membeli tiket, pengunjung sudah dapat melihat beragam satwa sekaligus rekreasi di dalamnya.

Agar momen berlibur semakin menyenangkan, ada beberapa hal yang patut Anda coba jika ingin menghabiskan waktu libur di Taman Margasatwa Ragunan. Apa sajakah itu?

1. Jalan Santai Bersama Keluarga
Selain dihuni berbagai jenis satwa, Taman Margasatwa Ragunan juga dikelilingi pepohonan rindang yang membuat suasana terasa sejuk meski berada di Jakarta yang terkenal dengan udara panasnya. Jika Anda datang bersama keluarga, manfaatkanlah untuk jalan-jalan santai sambil melihat-lihat satwa di sekeliling Anda. Cara ini akan membuat hubungan dan rasa kekeluargaan menjadi lebih erat dan hangat.

Anda juga bisa memanfaatkan taman-taman yang ada untuk bersantai dengan menggelar tikar sambil menikmati makanan bersama keluarga. Eits, ingat selalu untuk membuang sampah pada tempatnya, ya.

2. Menunggangi Unta, Gajah, atau Kuda
Aktivitas menarik yang patut Anda coba berikutnya adalah menunggangi hewan sambil menyusuri taman. Ada beberapa hewan yang disediakan pihak Ragunan untuk disewa para pengunjung dan menungganginya, antara lain naik gajah, unta, dan kuda.

Sensasi ketika berkeliling taman sambil menunggangi hewan memang mendebarkan, namun sangat menyenangkan dan lebih seru pastinya. Jika Anda membawa serta anak Anda, ajaklah ia menjajal kegiatan ini.

3. Mengenalkan Anak Betapa Pentingnya Menjaga Kelestarian Binatang
Salah satu manfaat berwisata ke Taman Margasatwa Ragunan Anda bisa mengajarkan ke anak-anak Anda tentang pentingnya menjaga kelestarian satwa, dan mencegah kepunahannya.

Di sini Anda dan keluarga dapat melihat satwa langka yang dilindungi, seperti anoa, orang utan, komodo, badak, harimau, dan masih banyak lagi.

Setidaknya, di sini Anda dapat mengenalkan beberapa profil hewan-hewan langka ke anak-anak Anda untuk menumbuhkan rasa kepeduliannya terhadap keberadaan hewan-hewan tersebut.

4. Berkunjung ke Pusat Primata Scmutzer
Di taman margasatwa ini juga terdapat pusat perlindungan primata, bernama Pusat Primata Scmutzer. di mana Anda dapat melihat berbagai macam spesies primata, seperti kera, gorila, orang utan, lutung, simpanse, dan lain sebagainya. Tak heran jika area ini menjadi area favorit para pengunjung.

Photo Source: https://www.instagram.com/ragunanzoo

Dengan tiket masuk hanya Rp 7.500, Anda sudah dapat mengitari komplek pusat primata seluas 13 ha ini. Konsep yang ditawarkan cukup menarik, yakni open zoo, di mana satwa yang hidup di dalamnya seolah-olah berada di habitat aslinya.

Memasuki pusat primata ini Anda juga akan disuguhi sebuah area luas dengan pintu gerbangnya yang berbentuk kubah setengah lingkaran dan terdapat puluhan anak tangga. Tangga-tangga ini akan membawa pengunjung ke sebuah jembatan panjang yang didesain sedemikian rupa agar pengunjung dapat mengamati kehidupan gorila yang berada di bawahnya dari atas. Jika sedang beruntung, Anda bisa melihat atraksi pemberian makan gorila ini di jam-jam tertentu.

5. Menyusuri Kebun Binatang Ragunan dengan Kereta Keliling
Selain dengan menunggangi hewan, Anda sekeluarga juga dapat menikmati pemandangan dan suasana di Ragunan sambil melihat–lihat berbagai jenis satwa menggunakan kereta keliling.

Dengan biaya terjangkau tentu wisata naik kereta keliling bersama keluarga akan menjadi sebuah aktivitas wisata yang tak kalah menyenangkan dan tidak menguras tenaga.

6. Refleksi di Taman Refleksi
Tahukah Anda di Taman Margasatwa Ragunan ternyata ada pusat refleksi? Yup, di pusat refleksi ini Anda akan menjumpai tatanan taman batu yang bisa digunakan untuk refleksi kaki. Susunan batu refleksi yang sudah ditata sedemikian rupa bisa digunakan untuk sarana kesehatan Anda dengan berjalan di atasnya. Tertarik mencoba?

Photo Source: https://www.instagram.com/ragunanzoo

Address

Jl. Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan


Operational Hours

Senin: Tutup, Selasa - Minggu: 07.00 - 16.00 WIB


SEE MAP