< Tips

Lakukan 8 Rutinitas Ini Agar Rambut Tetap Sehat

Lakukan 8 Rutinitas Ini Agar Rambut Tetap Sehat

Tips

Rambut adalah mahkota berharga bagi setiap wanita. Banyak wanita yang mendambakan rambut sehat dan cantik agar dapat menunjang penampilan mereka. Tahukah Anda bahwa untuk dapat memiliki rambut seperti itu tidak perlu sering-sering pergi ke salon. Anda pun dapat melakukannya sendiri. Berikut 8 rutinitas yang dapat membantu rambut tumbuh dengan sehat.

1. Keramas Dua Hari Sekali
Jangan keramas tiap kali Anda mandi! Mencuci rambut dengan sampo terlalu sering akan menghilangkan minyak alami pada rambut yang berfungsi menjaga rambut tetap lembut dan sehat. Sebaiknya keramas dilakukan tiap dua hari sekali.

2. Gunakan Kondisioner
Biasakan untuk mengaplikasikan kondisioner setiap kali Anda selesai keramas, apalagi jika rambut Anda sering terkena hair dryer atau sering diwarnai. Kondisioner dapat membantu menggantikan lemak dan protein dalam batang rambut, sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan dan rambut pun dapat tumbuh sehat.

3. Gunakan Masker Rambut
Menggunakan masker rambut dan minyak alami tiap minggu sangat baik untuk menjaga kelembapan rambut. Anda dapat mencampurkan secangkir minyak kelapa murni dengan almond, dan minyak jojoba. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

4. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut
Jangan sering-sering menyisir rambut, apalagi dalam keadaan basah. Karena rambut yang basah lebih mudah patah atau rusak. Jika rambut sedang kusut, cobalah menyisir rambut dari bagian bawah. Karena jika Anda menyisirnya dari bagian atas, justru akan membuat rambut lebih mudah rontok.

5. Pilih Sarung Bantal yang Lembut
Ternyata sarung bantal yang kasar dapat memicu gesekan dan menyebabkan rambut kusut. Untuk itu gunakan sarung bantal berbahan lembut, seperti satin.

6. Jangan Membungkus Rambut dengan Handuk Basah
Kebanyakan dari Anda pasti membungkus rambut menggunakan handuk dalam kondisi basah setelah keramas. Padahal hal ini justru dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, apalagi jika Anda membungkusnya terlalu kencang.

7. Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut
Mulai sekarang, kurangilah kebiasaan mengikat rambut Anda. Hal ini dapat membantu menjaga rambut agar tumbuh bebas.

8. Bilas Rambut dengan Air Dingin
Setelah menggunakan sampo, bilaslah rambut dengan air dingin, agar suhu pada rambut tetap terjaga.

Cukup mudah bukan untuk menjaga rambut agar tetap sehat?