Thursday, July 18, 2019
Marketing
Marketing

Langkah Sederhana Menyusun Strategi Marketing

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
01, April 2019
666

Ketika memutuskan untuk menekuni sebuah usaha, marketing (pemasaran) merupakan salah satu hal penting yang wajib dilakukan. Bahkan, sedari awal, Anda harus menentukan konsep dan strategi marketing seperti apa yang efektif untuk menjual usaha Anda, baik produk maupun jasa. Berikut, langkah sederhana untuk menyusun strategi agar dapat meningkatkan brand awareness sekaligus penjualan.

1. Target

Anda harus bisa menentukan pangsa pasar sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Caranya dengan memilih satu pasar yang dituju sehingga konsep marketing yang akan dibuat lebih mudah dilaksanakan. Misal, Anda mempunyai basic skill memasak dan ingin menjajal bisnis kuliner seperti rice bowl yang praktis dan dapat dinikmati kapan saja, Anda bisa memilih pekerja kantor yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak sebagai target.

2. Anggaran

Poin kedua ini akan berhubungan dengan poin selanjutnya, di mana pada titik ini sangat dibutuhkan keakuratan yang tepat dalam menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk promosi. Jika Anda dapat menyusun besarnya anggaran secara tepat, maka Anda dapat menentukan berapa besar dana yang dibutuhkan untuk memasarkan produk (atau jasa) Anda sesuai dengan target pasar.

3. Promosi

Promosi memiliki kaitan erat dengan besarnya anggaran yang Anda miliki. Di samping berguna untuk memperkenalkan produk (atau jasa) pada calon konsumen, promosi juga menjadi solusi agar konsumen yang sudah mengenal produk (atau jasa) Anda menjadi pembeli tetap. Selain dalam bentuk potongan harga, promosi juga dapat diberikan dalam bentuk solusi, misal paket. Paket rice bowl dengan minuman, paket rice bowl dengan buah atau paket rice bowl dengan makanan penutup. Sebab, setiap konsumen memiliki kebutuhan (preferensi) berbeda, ada yang lebih senang menyantap makanan manis setelah makan dibanding minum, namun ada pula yang lebih senang minum daripada menyantap buah setelah makan. Proses promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan sekaligus memaksimalkan media sosial hingga door to door (direct selling).

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration