Thursday, May 23, 2019
Event
Event

Laut Kita Gambarkan Kondisi Laut Indonesia

Spectr News Theme Isny Dewi R.
09, May 2019
170

Sejauh Mata Memandang (SMM) kembali meluncurkan koleksi terbaru yang mengandung makna mendalam. Beberapa waktu lalu, tepatnya saat peringatan Hari Bumi, label fashion milik Chitra Subyakto merilis koleksi musim kemarau 2019. Koleksi bertajuk Laut Kita ini terinspirasi oleh kondisi lingkungan laut Indonesia.

Rangkaian koleksi Laut Kita melambangkan doa dan aksi nyata sebagai bentuk terima kasih pada bumi. Koleksi yang dipamerkan menampilkan banyak motif bunga dasar laut dan riak ombak di tepian samudera dalam warna-warna alam, seperti indigo, pastel pink, merah, dan putih. Cocok untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan, seperti hari raya hingga acara semiformal lainnya.

Selain fashion, Sejauh Mata Memandang juga menggelar pameran instalasi yang menggambarkan kondisi laut Indoensia. Pameran ini berkolaborasi dengan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Plaza Indonesia, serta beberapa seniman Tanah Air, seperti Felix Tjahyadi, Jay Subyakto, Davy Linggar, Jez O’Hare, Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Hamish Daud dan Tulus.

Chitra mengaku koleksi dan pameran Laut Kita berangkat dari masalah sampah plastic yang bermuara di laut dan tidak dapat terurai selama puluhan bahkan ratusan tahun. Pameran yang berlangsung sejak tanggal 22 April hingga 16 Juni 2019 mendatang ini berlokasi di Plaza Indonesia Level 2 North dan terbuka untuk umum.

 
Photo Source: @tulusm

Pameran Laut Kita menampilkan enam area instalasi, antara lain Keindahan Alam Indonesia, Polusi Plastik, Instalasi Bawah Laut, Ruang Ajakan, Ruang Solusi, dan Ruang Janji. Di pameran ini, para pengunjung juga dapat membeli berbagai koleksi Sejauh Mata Memandang yang ramah lingkungan. Hasil penjualan nantinya akan disalurkan untuk program edukasi bebas plastik di sekolah-sekolah yang berada di kawasan pesisir Indonesia. Setiap pembelian produk SMM juga akan mendapatkan satu paket sedotan bambu beserta pembersihnya. Ini merupakan simbol ajakan untuk turut mendukung kampanye Laut Kita.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration