Monday, May 25, 2020
FYI
FYI

Layanan Donasi Terpercaya untuk Bantu Penanganan COVID-19

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
17, April 2020
327

Berikut rekening khusus serta beberapa platform resmi yang ditunjuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menampung donasi dari masyarakat baik dari dalam dan luar negeri yang ingin membantu penanganan COVID-19, agar tidak tertipu oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan penggalangan dana COVID-19.

1. Gugus Tugas COVID-19

Untuk dalam negeri, masyarakat bisa mengirim donasinya melalui nomor rekening 0329-01-004314-30-6 (BRI) atas nama RPL 175 PDHL BNPB COVID-19 DN. Sementara untuk masyarakat yang berada di luar negeri dapat dilakukan di nomor rekening 2019191252 (BNI) dengan swift code BNINIDJA, atas nama RPL 175 PDHL BNPB COVID-19 LN.

2. DANA

Aplikasi dompet digital ini bekerja sama dengan KitaBisa untuk menyediakan alat pelindung diri (APD) yang akan diberikan ke para tenaga medis di Indonesia. Melalui fitur Siap Siaga COVID-19, Anda bisa memberikan donasi untuk pembelian APD yang akan didistribusikan secara merata ke klinik dan rumah sakit. Selain itu, untuk mendapatkan informasi ter-update seputar perkembangan COVID-19 di Indonesia, Anda bisa mengakses fitur Discover yang terletak di pojok kanan atas halaman muka DANA.

3. UNICEF

Organisasi di bawah naungan PBB yang memberikan bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan ibu ini juga mengajak masyarakat untuk membantu tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menangangi COVID-19 dengan bantuan berupa paket alat pelindung diri (APD). Melalui tautan ini, Anda bisa ikut berdonasi (minimal Rp250.000) menggunakan kartu kredit, transfer bank, eWallet dan pembayaran di minimarket terdekat (Alfamart, Alfamidi, Dandan dan Lawson).

Adapun paket alat pelindung diri yang diberikan kepada tenaga medis melalui pemerintah terdiri dari masker, cairan pembersih tangan, termometer, sepatu boots, sarung tangan, kacamata pelindung dan kantong jenazah.

4. Bank DKI

Bank DKI juga turut mengajak masyarakat berpartisipasi menyalurkan bantuan melalui program Bank DKI Peduli dengan berbagai mekanisme yang mudah diakses seperti transfer antar rekening, transfer antar bank, QR Code JakOne Mobile (aplikasi layanan mobile banking dan mobile wallet Bank DKI) dan QRIS (QR Code Indonesian Standard). Bantuan dapat disalurkan melalui rekening 10120123455 (Bank DKI) atau 70107000030 (Bank DKI Syariah). 

5. Telkomsel

Berkolaborasi dengan crowdfunding KitaBisa dan BenihBaik, Telkomsel mengajak pelanggannya untuk berbagi meringankan dan membantu masyarakat terdampak COVID-19 melalui penukaran Telkomsel POIN.

Melalui aplikasi MyTelkomsel, pilih menu Rewards, kemudian pilih banner “Sharing is Caring” dengan informasi mengenai Donasi COVID-19. Setiap 50 Telkomsel POIN yang Anda tukar akan diakumulasikan untuk donasi sebesar Rp5.000.

Bantuan tersebut akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan penyediaan alat pelindung diri (APD) petugas medis, penyemprotan disinfektan di ruang publik, dan penyediaan kebutuhan harian bagi keluarga dhuafa terdampak COVID-19. Semakin banyak poin yang Anda tukar, semakin banyak paket yang tersedia untuk petugas medis dan masyarakat yang membutuhkan. 

 

 

 

Top photo source: https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-11-30/gofundme-will-no-longer-take-a-cut-of-some-donations 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration