< Tips

Lebih Rajin Menabung dengan Cara Ini

Lebih Rajin Menabung dengan Cara Ini

Tips

Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang kerap mengalami kesulitan untuk menyisihkan sebagian pendapatan. Padahal, menabung memiliki banyak manfaat untuk masa depan. Berikut cara mudah untuk menjadikan menabung sebagai kegiatan menyenangkan yang rutin Anda lakukan setiap bulannya.

1. Tentukan target

Sebelum menabung, Anda harus memiliki dan menentukan target secara spesifik. Misal, Anda ingin membeli rumah di awal tahun 2020 mendatang, maka dari sekarang Anda harus menetapkan berapa banyak uang yang wajib Anda sisihkan (tabung) setiap bulan. Target bisa dicapai jika Anda bisa menentukan prioritas. Buat prioritas bulanan dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting, dengan begitu Anda bisa lebih mudah menyisihkan uang untuk menabung.

2. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Ingin belum tentu butuh, sementara butuh sudah pasti (berupa) hal dasar untuk keberlangsungan hidup dan harus Anda penuhi. Untuk menetapkan berapa persen dana yang harus Anda sisihkan setiap bulan, Anda harus bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan.

Anda bisa memanfaatkan diskon atau promo untuk membeli kebutuhan bulanan. Jangan malas melihat katalog belanja sehingga bisa mengetahui penawaran hemat. Sekarang juga banyak toko yang menerapkan program belanja hemat pada hari tertentu seperti Jumat, Sabtu dan Minggu. Dengan cara tersebut, Anda bisa menghemat lebih banyak uang untuk ditabung.

3. Memanfaatkan Hobi Jadi Ladang Rezeki

Apa yang lebih menyenangkan dari hobi yang bisa menghasilkan uang? Meski sifatnya untuk kesenangan, hobi yang dikelola dengan baik dapat mendatangkan rezeki. Misal, Anda hobi solo traveling, yang notabene membutuhkan uang untuk transportasi dan akomodasi, mengapa tidak coba membuat vlog berisi perjalanan Anda dan mengunggahnya di YouTube? Atau hobi mengambil foto dengan bermacam-macam objek, daripada hanya disimpan dalam folder pribadi Anda, mengapa tidak dijadikan sebagai portofolio dan memasarkannya pada perusahaan atau individu yang butuh jasa fotografi?