< Tips

Liburan Mewah Akhir Tahun? Ini 7 Trik Dapat Tiket Pesawat Murah

Liburan Mewah Akhir Tahun? Ini 7 Trik Dapat Tiket Pesawat Murah

Tips

Pergantian tahun 2017 akan dihiasi dengan beberapa tanggal merah, dengan kata lain libur panjang akan segera datang. Kebanyakan orang menjadikan akhir tahun sebagai waktu favorit untuk liburan. Mungkin Anda salah satu dari mereka yang berlomba-lomba mengajukan cuti akhir tahun. Demi mewujudkan impian berlibur ke berbagai destinasi yang sudah diincar sejak awal tahun, Check in Jakarta akan memberikan beberapa trik jitu untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah tanpa harus menunggu promo.

1. Pilih Maskapai Paling Murah

photo source: pixabay.com

Tidak jarang liburan yang sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari harus pupus begitu saja lantaran tiket pesawat yang mahal atau hal lain. Menyiapkan strategi liburan di akhir tahun bukan perkara mudah. Wajar saja, sebab mempersiapkan kebutuhan liburan, seperti tiket pesawat dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan meringankan Anda dalam segi pengeluaran, jauh lebih murah ketimbang dilakukan secara mendadak.

Di zaman seperti sekarang ini, rasanya tidak sulit mewujudkan keinginan Anda, termasuk liburan menyenangkan yang tak terlupakan. Mulai dari pantai, untuk sekedar menikmati butiran pasir yang memanjakan jari-jari kaki hingga pegunungan untuk merasakan dekatnya langit dengan kepala Anda, seharusnya tidak sulit diwujudkan.

Nah, hal tersebut dapat Anda wujudkan dengan menerapkan trik berikut ini. Usahakan untuk mencari maskapai penerbangan yang menawarkan harga murah tanpa harus menunggu promo.

Saat ini, sudah banyak tersedia maskapai penerbangan yang berlomba-lomba memberikan harga murah untuk menjangkau seluruh kawasan di Indonesia, bahkan luar negeri. Lantas, bagaimana cara mendapatkan tiket murah tanpa harus menunggu promo?

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah tujuan. Tujuan Anda menentukan waktu ideal untuk membeli tiket sehingga mendapatkan harga murah yang tidak membuat kantong bolong.

Meski banyak maskapai penerbangan murah melayani tujuan Anda, seperti Yogyakarta, Bali, Singapura, cek kembali harganya, sebab harga yang ditawarkan cenderung fluktuatif (sewaktu-waktu dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu). Jika kebetulan Anda merasa mendapatkan harga paling murah di tanggal yang Anda inginkan, tidak perlu pikir panjang, segera pesan.

Namun, jika tujuan Anda tidak dilewati oleh maskapai penerbangan murah, seperti Belitung yang terkenal dengan pantai-pantai eksotisnya, waktu pembelian tiket tidak akan terlalu menunjukkan perbedaan harga yang signifikan. Sebab, harga tiket pesawat stabil hampir sepanjang tahun, kecuali hari Raya, seperti Lebaran, Natal atau tahun baru.

Setelah tahu kemana tujuan liburan Anda, kini saatnya memilih maskapai. Misalnya, Lion Air, salah satu penerbangan yang sering mengalami perubahan harga ini harus diantisipasi dengan sering-sering memantau harganya.

Maskapai penerbangan seperti Lion Air (low cost carrier) cenderung lebih murah jika dipesan jauh-jauh hari, namun harus rutin memantau pergerakan harganya, di pagi, siang atau tengah malam.

Jika penerbangan yang Anda inginkan mengalami peningkatan harga, jangan langsung memutuskan untuk membelinya. Beri jeda selama beberapa hari ke depan. Jika saat pengecekan kembali Anda melihat harganya tidak mengalami penurunan, berarti harga antar penerbangan satu dan lainnya memang mengalami peningkatan.

2. Fleksibel Memilih Waktu

photo source: pixabay.com

Perhatikan periode perjalanan Anda, entah akhir pekan, long weekend dan musim liburan, tidak dapat dipungkiri jika tiket pesawat cenderung mahal. Banyak yang beranggapan bahwa kombinasi hari seperti Jumat – Minggu, Sabtu – Minggu atau Sabtu – Senin merupakan kombinasi mahal.

Jangan terpaut dengan akhir minggu, sebelum mengajukan cuti akhir tahun, coba pilih hari—hari lain yang biasanya harga tiket penerbangan cenderung lebih murah, seperti hari Selasa – Jumat, Sabtu – Selasa atau Minggu – Rabu.

Umumnya, maskapai penerbangan akan menawarkan tarif murah pada Senin sore hingga Selasa. Kedua hari tersebut menjadi hari yang paling tepat untuk berburu tiket pesawat secara online (daring) dan memesan tiket pesawat.

Selain hari, perhatikan juga tanggal keberangkatan. Harga tiket pesawat di tengah bulan, seperti tanggal 20-an cenderung lebih murah dibanding awal atau akhir bulan. Bukan Anda saja yang beranggapan jika tanggal 20-an ke bawah atau shoulder season merupakan tanggal tua dimana kondisi keuangan tengah menipis, pihak maskapai penerbangan pun berpikir demikian.

Shoulder season sendiri merupakan musim di tengah high dan low season, yang biasanya berkisar sebelum atau pas di tanggal 20-an. Dengan alasan demikian, maskapai penerbangan dengan sukarela memberikan harga murah pada ‘tanggal tua’ tersebut agar kursi pesawat terisi karena kemungkinan orang yang melakukan perjalanan (liburan) sedikit.

Ingin mencoba peruntungan berburu tiket pesawat di akhir tahun ini? Disarankan untuk memesannya sebelum atau tepat ditanggal 20 Desember agar bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga lebih murah. Yang perlu diingat, tidak semua maskapai penerbangan menerapkan sistem shoulder season tersebut. Masing-masing maskapai memiliki kebijakan berbeda-beda.

Di samping itu, waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat adalah pukul 11 siang. Hingga saat ini, mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa pukul 11 siang merupakan waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat.

Mengapa demikian? Menurut Head of Operation Departmengt pegipegi.com, maskapai memiliki sistem bernama seat control, untuk membatalkan pemesanan tiket yang tidak aktif. Hal tersebut dapat terjadi saat seseorang melakukan pemesanan (booking) dan belum membayar. Jadi, jam 11 siang merupakan saat di mana maskapai penerbangan membatalkan (cancelation) reservasi yang tidak aktif (sudah booking tapi belum bayar).

Pembatalannya sendiri dapat terjadi dari kelas yang paling murah hingga kelas yang paling mahal. Sistem tersebut tidak hanya diberlakukan oleh maskapai penerbangan luar negeri, penerbangan dalam negeri pun memberlakukan sistem serupa.

3. Pilih Penerbangan dengan Banyak Transit

Berencana menghabiskan waktu libur akhir tahun ke daerah atau kota yang belum populer di kalangan wisatawan? Tidak perlu ragu apalagi khawatir dengan transportasinya. Sebab, semakin banyak transit maka semakin besar kesempatan Anda mendapatkan penerbangan murah.

Meski disarankan, Anda harus mengetahui jadwal penerbangan dan terminal berikutnya agar tidak ketinggalan pesawat. Periksa dengan seksama berapa lama waktu yang Anda miliki selama transit. Jangan lupa untuk mencocokkan jam tangan atau gawai Anda dengan waktu setempat, untuk menghindari adanya selisih waktu. Sehingga Anda tahu kapan harus kembali ke ruang tunggu untuk melanjutkan perjalanan.

Jika beruntung, Anda memiliki waktu lebih untuk melakukan banyak aktivitas sambil menunggu penerbangan berikutnya, misal beribadah, berbelanja atau mengunjungi destinasi popular setempat yang lokasinya cepat dijangkau, hingga wisata kuliner untuk mencicipi sajian kota tempat Anda transit. Jika waktunya mepet, untuk memperkecil risiko ketinggalan pesawat, manfaatkan koneksi Wi-Fi gratis yang disediakan oleh bandara.

photo source: pixabay.com

Khusus untuk Anda yang melakukan perjalanan ke luar negeri, beberapa bandara ternyata menyediakan fasilitas transit unik, seperti Bandara Changi dan Incheon. Di Bandara Changi, Anda dapat menikmati tempat tidur dan kamar mandi dengan shower selama transit. Di sisi lain, Bandara Incheon menawarkan tempat transit unik untuk mempelajari budaya Korea, mulai dari ruang pameran, ruang pemutaran film, ruang pertunjukan musik hingga ruang bermain anak dengan taman kecil.

Terakhir, kalkulasikan jumlah harga pesawat transit yang Anda pilih, apakah lebih murah dengan transit atau yang satu kali jalan. Waktu perjalanan juga perlu Anda pertimbangkan. Satu kelebihan rute langsung adalah waktu tempuh yang lebih singkat daripada transit. Namun, jika Anda memiliki banyak waktu, mengapa tidak mengambil yang transit sambil menikmati sekitar?

4. Subscribe E-mail untuk Mencari Tiket Murah

photo source: www.getvero.com

Meski banyak sekali alat pencari tiket pesawat murah, tidak ada salahnya bukan jika Anda juga meluangkan sedikit waktu untuk mengecek situs resmi milik maskapai-maskapai murah di Indonesia. Sebab, situs resmi lebih sering menawarkan promo, meski hanya berlangsung paling lama tiga hari saja.

Saat mengunjungi banyak situs maskapai penerbangan untuk mencari tiket murah, biasanya akan muncul tawaran untuk berlangganan infonya lewat e-mail. Jangan dilewatkan begitu saja, jika Anda berlangganan, maskapai senantiasa memberi tahu saat ada harga promo.

Selain itu, Anda juga bisa memantau berita terbaru maskapai tersebut lewat media sosialnya, seperti like page di Facebook atau follow di Twitter, Jangan sia-siakan kesempatan emas tersebut, jadilah orang pertama yang tahu promo penerbangan.

Selain rajin-rajin mengecek situs resminya, cara paling ampuh untuk memastikan Anda mendapatkan tiket pesawat murah adalah memilih kelas penerbangan ekonomi. Meski tidak seluas kelas bisnis yang memungkinkan Anda untuk bergerak bebas atau makanannya tidak selezat kelas bisnis, selisih harga antara keduanya dapat Anda gunakan untuk kebutuhan lain.

5. Beli Tiket Pulang Pergi

photo source: huffingtonpost.com

Membeli tiket perjalanan pulang pergi jelas memberikan banyak keuntungan bagi Anda dibanding dengan membeli tiket perjalanan sekali jalan. Keuntungan pertama yang tidak dapat dipungkiri adalah tidak repot. Dengan membeli tiket perjalanan langsung untuk pergi dan pulang, Anda hanya perlu melakukan pemesanan satu kali, sekali pesan, dua tiket untuk pergi dan pulang dapat langsung dinikmati.

Kedua, dengan membeli tiket pulang langsung saat membeli tiket pergi, Anda sudah dapat dipastikan tidak akan kehabisan tiket. Perlu Anda ingat, menjelang libur panjang akhir tahun seperti ini animo masyarakat untuk berlibur sangat besar, sayangnya tidak diimbangi dengan jumlah penerbangan yang melayani. Jadi, penerbangan kerap membludak, sehingga menyebabkan banyak tiket pesawat laku terjual. Membeli tiket pulang – pergi merupakan cara lain untuk menekan risiko tidak kedapatan tiket pesawat untuk pulang ke kota asal Anda setelah liburan.

Tidak sedikit maskapai maupun situs pencari tiket pesawat murah menawarkan promo khusus bagi mereka yang memesan tiket pesawat pulang – pergi sekaligus. Bentuk promonya pun beragam, tidak melulu potongan harga bisa juga kemudahan membayar tiket.

Selain itu, maskapai penerbangan juga menerapkan program khusus untuk pembeli yang loyal, di mana mereka membeli tiket pulang – pergi dari maskapai yang sama. Keuntungannya juga beragam, biasanya berupa poin yang dapat dimanfaatkan di perjalanan berikutnya.

Membeli tiket pulang – pergi sekaligus juga menunjukkan bagaimana pribadi Anda. Dengan membeli tiket pulang –pergi berarti Anda termasuk orang yang disiplin, Anda mengetahui kapan Anda harus berangkat dan pulang dari kota atau negara tujuan Anda. Dengan kata lain, Anda juga memiliki agenda yang sudah dijadwalkan dengan baik. Agenda tersebut menjaga Anda dari risiko mengeluarkan biaya berlebih saat sengaja menunda waktu pulang dengan alasan yang tidak jelas.

6. Rajin Bandingkan Harga

photo source: www.farecompare.com

Jadwal mungkin sama, namun harga yang ditawarkan antara maskapai penerbangan satu dan lainnya berbeda. Mengapa demikian? Fasilitas yang ditawarkan masing-masing maskapai penerbangan biasanya berbeda, misal salah satu maskapai menyajikan makanan berat namun maskapai lain hanya menyajikan makanan ringan.

Selain itu, internet memudahkan Anda untuk mengunjungi beberapa situs penerbangan maupun alat pencari tiket murah lain hanya dalam hitungan detik saja, membandingkan harga tentu akan terasa lebih mudah.

Membandingkan harga antar maskapai penerbangan juga dianggap sebagai salah satu cara efektif menekan bujet. Jika kebetulan ada sedikit kelebihan, Anda dapat mengalokasikannya untuk misal membeli oleh-oleh atau memanjakan diri dengan ragam kuliner di kota atau negara tujuan Anda yang sebelumnya tidak pernah Anda cicipi.

Setelah mendapatkan harga yang sesuai dengan bujet, tidak ada salahnya memanfaatkan kartu kredit yang Anda miliki untuk membeli tiket pesawat. Lebih fleksibel dalam hal satu ini memungkinkan Anda mendapatkan tiket pesawat murah dan ragam keuntungan lain, misalnya poin yang dapat ditukar dengan diskon (potongan) harga pesawat pada keberangkatan berikutnya.

Bukan berarti mengajarkan Anda untuk berhutang demi bersenang-senang (liburan), namun di tengah mobilitas yang tinggi, kartu kredit juga menawarkan kemudahan melakukan transaksi pembelian tiket di manapun sebaik asuransi perjalanan yang disediakan oleh perusahaan atau bank penerbit kartu kredit.

Bahkan beberapa penerbit kartu kredit diketahui memberlakukan poin mileage atau frequent flyer yang dapat Anda tukar dengan tiket terbang gratis pada perjalanan berikutnya. Sangat menguntungkan, bukan? Poin tersebut dapat Anda gunakan untuk menekan bujet di perjalanan berikutnya saat harga tiket yang Anda inginkan dipatok dengan harga selangit.  Selama kartu kredit digunakan dengan bijak, Anda tentu tidak perlu takut akan terlilit hutang.

7. Private Mode Saat Browsing

photo source: updatepedia.com

Jadilah tidak terlihat saat mengecek harga pesawat di berbagai situs, baik situs maskapai penerbangan atau alat pencari lain. Mengapa demikian? Sebuah situs cenderung menaikan harga berdasarkan cookie pada browser Anda. Agar hal tersebut tidak menimpa diri Anda, selalu gunakan private browsing untuk mendapatkan harga tiket pesawat termurah.

Misalnya, pada kunjungan Anda di pagi hari, di salah satu situs terpampang harga tiket berkisar Rp800.000,- untuk satu kali perjalanan (satu orang), namun saat siang hari Anda mengeceknya kembali, harga naik menjadi Rp900.000,-. Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa situs maskapai penerbangan atau alat pencari tiket lain sudah mengetahui berapa kali Anda melakukan kunjungan pada situs tersebut.

Bagaimana cara menggunakan private mode saat browsing agar mendapatkan tiket pesawat termurah? Pengguna setia Google Chrome cukup menekan command (Ctrl), Shift dan N secara bersamaan. Bagaimana dengan Mozilla Firefox? Tekan command (Ctrl), Shift dan P.

Setiap Anda membuka window dengan mode private, cookie pada browser Anda akan otomatis ter-reset. Untuk menghapusnya, cukup dengan menutup semua window dengan mode private tersebut lalu membuka yang baru.

Dengan kata lain, private mode (mode menyamar) berfungsi untuk membuat browser Anda tidak terlihat sekaligus tidak dapat menyimpan cookies dan cache. Setiap kali Anda membuka, browser akan terlihat seperti baru (pengunjung baru).