< FYI

Buah Kaya Vitamin C dengan Segudang Manfaat

Buah Kaya Vitamin C dengan Segudang Manfaat

FYI

Buah jambu biji yang juga dikenal dengan sebutan guava ini memiliki kandungan vitamin C paling tinggi di antara buah lainnya. Selain itu, jambu biji juga mengandung zat penting lainnya seperti vitamin A, folat, flavonoid, likopen, dan masih banyak lagi yang tentunya bermanfaat untuk tubuh. Apa saja, ya, manfaatnya? Baca selengkapnya di bawah ini!

 

1. Mencegah Diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jambu biji, Anda dapat mencegah diabetes tipe 2. Alasannya karena jambu biji mengandung serat yang tinggi dan dapat mengatur penyerapan gula di dalam tubuh, sehingga kadar insulin dan glukosa juga dapat diturunkan. Penting, nih, untuk Anda yang berpotensi mendapat ‘warisan’ penyakit diabetes dari keluarga.

 

2. Mengurangi Tekanan Darah
Masih karena kandungan seratnya yang tinggi, jambu biji dapat mencegah penebalan darah yang dapat memicu gejala penyakit jantung. Dengan mengonsumsi jambu biji, Anda dapat mengurangi tekanan darah, menjaga keenceran darah, dan juga mengurangi kadar kolesterol.

 

3. Menjaga Kesehatan Tiroid
Sebagai salah satu kelenjar yang paling penting untuk mengatur hormon dan fungsi organ dalam tubuh, tentu kelenjar tiroid harus tetap terjaga kesehatannya. Karena itu, mengonsumsi jambu biji yang juga bisa menjadi sumber zat tembaga dapat membantu Anda menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

 

4. Memaksimalkan Sistem Penglihatan
Karena mengandung kadar vitamin A sama halnya seperti wortel, jambu biji bisa menjaga kesehatan penglihatan Anda, lho. Dengan mengonsumsi jambu biji, Anda bisa memperlambat munculnya katarak hingga degenerasi makula (kerusakan retina terkait pertambahan usia).

 

5. Menjadi Obat Demam dan Batuk
Yup, lagi-lagi dari vitamin C yang terkandung, jambu biji dapat mencegah infeksi dan virus. Saat batuk, minumlah jus jambu yang tidak dingin dan rebusan daun jambu yang dapat mengurangi lendir batuk dan juga menjadi disinfektan tenggorokan yang bisa menghambat mikroba di saluran pernapasan dan paru-paru.

 

6. Menjadi Obat Diare
Memiliki senyawa astringent, jambu biji dapat menjadi perlindungan terhadap diare. Jambu biji dapat menghambat pertumbuhan mikroba yang menjadi penyebab diare. Gizi lain yang terkandung pada jambu biji juga dapat memperkuat sistem pencernaan.

 

7. Merawat Kulit
Masih dari senyawa astringent, memakan buah maupun daun jambu biji yang telah masak dapat mengencangkan kulit yang kendur. Karena kaya akan vitamin A, B, C, dan potasium, mengonsumsi jambu biji dapat membuat kulit Anda cerah, bebas kerutan, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

 

8. Menjadi Menu Diet
Karena mengandung serat, mengonsumsi jambu biji sebagai menu makan siang dapat membantu Anda menahan lapar sampai malam hari. Kandungan protein, vitamin, dan mineral pada jambu biji bisa mengenyangkan tanpa harus khawatir akan kolesterol dan karbohidrat. Wah, saatnya memasukkan jambu biji ke daftar belanja bulanan, nih!