Saturday, October 19, 2019
Marketing
Marketing

Manfaatkan Email untuk Bisnis Online dengan Cara Ini

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
27, May 2019
815

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, rasanya hampir semua orang memiliki email untuk melakukan berbagai aktivitas, bisnis, kerja dan lainnya. Berbicara mengenai bisnis, email menjadi senjata ampuh yang cukup mudah dan sederhana untuk meningkatkan brand awareness sekaligus penjualan. Lalu, email seperti apa yang digunakan untuk memasarkan bisnis Anda? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Email Marketing

Berbeda dengan email seperti Google atau Yahoo, email marketing merupakan layanan untuk mengirimkan ratusan bahkan jutaan pesan (email) dalam satu kali klik. Ada beberapa tipe email marketing, di antaranya direct email, retention email dan email list dari publisher lain.

Direct email dapat berbentuk teks atau tautan yang sama-sama berisi pesan promosi dan dikirim kepada calon pelanggan maupun pelanggan lama. Rentetion email merupakan pesan yang dikirim kepada pelanggan lama, isinya tidak melulu promosi, bisa informasi penting yang dibutuhkan pelanggan. Sementara beriklan di-email orang lain sangat membantu Anda yang belum memiliki banyak email list. Dengan membayar sejumlah uang yang disepakati, publisher lain akan mengirimkan email promosi bisnis Anda kepada penerima yang ada di daftar penerima mereka.

2. Informatif

Dengan menerapkan salah satu jenis email marketing, kemungkinan daftar pelanggan yang Anda miliki akan terus bertembah. Oleh sebab itu, pastikan jika pesan (email) yang Anda kirim mencakup informasi yang dibutuhkan pelanggan agar tertarik dengan bisnis Anda. Tidak melulu promosi, Anda bisa memberi tahu calon pelanggan dan pelanggan Anda tentang sesuatu yang baru. Cara lain untuk menyiasatinya adalah dengan melampirkan tautan yang mengacu pada informasi bisnis Anda.

3. Waktu Blasting

Terlalu sering mengirim pesan promosi pada calon dan pelanggan lama akan berujung pada spam. Oleh sebab itu, perhatikan waktu yang tepat untuk blasting email. Misal, Anda menggeluti bisnis kue kering, maka mulai mengirim email satu bulan menjelang libur Lebaran atau sekitar bulan November menjelang Natal.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration