< Tips

Marak Kejahatan di Media Sosial, Ini 5 Cara Menghindarinya

Marak Kejahatan di Media Sosial, Ini 5 Cara Menghindarinya

Tips

Saat ini, hampir setiap orang menggunakan media sosial sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari bangun tidur hingga waktunya kembali tidur, media sosial selalu mengiringi. Segala aktivitas dapat dilakukan di media sosial, seperti update status, bersosialisasi, berbagi pengalaman, berbelanja, hingga banyak lainnya. Memiliki banyak fungsi dan pengguna, tak jarang kini banyak kasus kejahatan yang terjadi melalui media sosial. Jangan takut! Dilansir dari situs resmi Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, ada beberapa cara untuk menghindari kejahatan di media sosial. Simak di artikel ini!

 

1. Jaga Privasi Anda
Ketika Anda melakukan sign up di sebuah media sosial, data pribadi seperti e-mail, nomor telepon, hingga alamat rumah terkadang diminta untuk melengkapi proses tersebut. Hal ini terkadang tidak bisa dihindari karena data pengguna media sosial dibutuhkan oleh sang penyedia media sosial. Namun jangan khawatir, Anda bisa tetap menjaga privasi Anda dengan menyembunyikan data-data Anda yang ditampilkan melalui pengaturan yang ada di setiap media sosial. Pastikan orang lain tidak dapat melihat data pribadi Anda, karena data pribadi seharusnya Anda rahasiakan.

 

2. Lakukan Filter Pada Pertemanan
Fitur pertemanan ditawarkan pada sebagian besar media sosial yang ada. Tingkat kejahatan di media sosial kebanyakan terjadi pada pertemanan yang baru dikenal atau bahkan yang tidak kenal sama sekali. Karena itu, cobalah untuk memfilter pertemanan pada yang sudah Anda kenal saja. Jika memang ingin menambah pertemanan lewat media sosial, cobalah untuk menelusuri latar belakang orang tersebut terlebih dahulu. Kalau Anda menemukan orang yang mencurigakan, sebaiknya hindari untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 
Photo source: http://www.pixabay.com

3. Jangan Mudah Percaya dengan Pengguna Media Sosial Lainnya
Berikutnya, jangan mudah percaya dengan pengguna media sosial lainnya yang memberikan Anda informasi, menawarkan produk dengan harga murah, atau merayu Anda untuk melakukan suatu hal dengan sebuah iming-iming. Waspadalah terhadap hal-hal yang bisa mencelakai Anda di media sosial. Jika ingin berbelanja lewat media sosial, cobalah untuk melihat testimoni si penjual dari para pembeli yang sudah pernah bertransaksi dengan penjual tersebut.

 

4. Waspada Terhadap Link Spam
Jika Anda sering melihat gambar-gambar yang kurang pantas untuk dilihat banyak orang atau link berita dengan judul yang kurang enak dibaca banyak bertebaran di media sosial, jangan klik link tersebut. Bisa jadi link atau gambar tersebut berisi spam yang bisa menipu Anda. Bisa-bisa akun Anda di-hack dan beralih ke tangan orang lain yang tidak bertanggung jawab. Hindari asal klik pada link yang tersebar di media sosial, ya, sekalipun itu dari teman Anda.

 
Photo source: http://www.pixabay.com

5. Perhatikan Akses Login ke Akun Media Sosial Anda
Selain keempat hal tersebut, Anda juga perlu memerhatikan faktor eksternal pada penggunaan media sosial. Misalnya jika Anda telah melakukan login di lebih dari satu perangkat, seperti di smartphone, komputer kantor, warnet, atau di komputer yang dipinjam dari orang lain. Jangan lupa untuk me-logout akun Anda setelah selesai memakai media sosial di perangkat-perangkat tersebut. Akan sangat berbahaya jika akun Anda bisa diakses oleh orang lain, bisa saja hal yang tidak diinginkan terjadi karena Anda ceroboh dalam menggunakan media sosial di sembarang perangkat, bukan? Tetap waspada dalam menggunakan media sosial!