Saturday, October 19, 2019
Street Food
Street Food

Martabak AA, Juaranya Martabak Klasik di Jakarta

Spectr News Theme Isny Dewi R.
13, August 2019
401

Meski kini semakin banyak martabak dengan topping kekinian, namun itu tidak menyurutkan keberadaan martabak klasik. Setidaknya itu lah yang dialami kedai martabak legendaris di daerah Manggarai, Jakarta Selatan, satu ini. Selain terkenal karena enak, Martabak AA hingga kini masih mempertahankan versi klasik martabak.

Jika dilihat dari tempatnya memang tak ada yang istimewa, hanya terdapat meja kayu dan kursi plastik untuk para pengunjung yang menunggu martabak pesanannya. Namun, itu tak jadi masalah bagi para pecinta martabak. Kedai ini mulai menjajakan martabaknya sejak tahun 1981. Saat itu Martabak AA masih berjualan di jalan Dr. Saharjo, lalu di tahun 1990 pindah ke Manggarai.

Menu yang paling banyak dibeli di sini adalah Martabak Spesial Keju Cokelat (Rp 80.000), Martabak Telur Spesial Sapi (Rp 80.000), dan Martabak Telur Ayam (Rp 63.000). Dari segi harga memang lebih tinggi dibanding martabak klasik lainnya yang biasa dijual di pinggir jalan, tapi porsi martabak di sini cukup besar, dengan topping berlimpah. Martabak AA hanya menjual martabak klasik dan tak pernah berubah sejak dulu. Seperti martabak cokelat, martabak keju, dan martabak telur. Lalu apa yang membedakannya dengan martabak klasik lain?

 
Photo Source: www.zomato.com

Untuk martabak manis, teksturnya sangat lembut dan empuk, dengan olesan mentega Wijsman. Nikmat sekali! Sedangkan untuk Martabak Telur Spesial Sapi, potongannya cukup besar dan tebal. Tampilannya tak terlalu cokelat. Teksturnya garing dan renyah, dengan racikan telur dan daging cincang di dalamnya. Rasa martabak telur di sini tidak terlalu berminyak karena menggunakan daging sapi tanpa lemak. Kelezatan martabak telur spesial ini semakin terasa jika dicocol dengan saus cuka encer. Dijamin bikin ketagihan!

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration