< Tips

Masih Bingung Soal Tipe Kamar Saat Booking Hotel? Ini Dia Penjelasannya!

Masih Bingung Soal Tipe Kamar Saat Booking Hotel? Ini Dia Penjelasannya!

Tips

 

Memilih kamar saat berencana menginap di hotel nyatanya memang gampang-gampang susah. Hampir tiap hotel menawarkan banyak tipe kamar dengan tarif yang tentunya berbeda. Tak jarang masih ada tamu hotel yang bingung saat hendak booking kamar hotel. Agar tidak kebingungan lagi saat akan memesan kamar, ada baiknya Anda ketahui dulu tipe kamar hotel umumnya di Indonesia. Simak di bawah ini!

1. Standard
Sesuai dengan namanya, tipe kamar ini biasanya yang paling dasar dimiliki hotel. Kamar standard juga umumnya ditawarkan dengan tarif yang paling murah. Tipe kamar ini biasanya tidak memiliki pemandangan yang spesial, bahkan ada pula yang tak dilengkapi jendela! Kasur di kamar standard biasanya diisi dengan satu buah kasur jenis double atau dua buah kasur single (twin bed). Untuk fasilitas, tergantung dengan tingkatan bintang pada hotel tersebut.

Photo Source: https://commons.wikimedia.org/

2. Superior
Tipe kamar ini seringkali disalahartikan dalam dunia perhotelan. Seharusnya kamar superior itu lebih baik dari kamar standard, baik dari segi interior maupun fasilitas yang disediakan. Namun kenyataannya, banyak hotel yang justru mengategorikan kamar superior menjadi satu tingkat di bawah kamar standard.

Photo Source: https://www.flickr.com/

3. Deluxe
Kamar jenis ini juga tak jauh berbeda nasibnya dengan kamar superior. Yang benar harusnya kamar deluxe memiliki ukuran yang lebih luas, dilengkapi fasilitas dan pemandangan yang lebih baik dari kamar superior. Namun kenyataannya banyak hotel yang menempatkan kamar deluxe satu tingkat di bawah kamar superior.

Photo Source: https://commons.wikimedia.org/

4. Junior Suite
Junior Suite dapat diketahui dengan mudah karena ukurannya lebih luas dari tipe kamar standard, superior, maupun deluxe. Kamar ini juga biasanya memiliki ruang duduk (living room) yang masih berada satu ruangan dengan ruang tidur. Biasanya kedua ruangan ini  diberi sekat untuk memberikan privasi lebih.

Photo Source: https://commons.wikimedia.org/

5. Suite
Lain halnya dengan junior suite, kamar suite memiliki ruang tamu sendiri yang berbeda ruangan dengan ruang kamar. Tentunya fasilitas, dan layanan yang ditawarkan lebih istimewa.

Photo Source: https://commons.wikimedia.org/

6. Studio
Satu tingkat di atas kamar suite, masih ada jenis kamar studio yang umumnya hampir menyerupai kamar apartemen. Kamar ini lebih istimewa lagi karena terdapat tambahan dapur dan peralatan masak sendiri.

Photo  Source: https://commons.wikimedia.org/

Sudah tahu mau pilih yang mana?