< FYI

Masih Ragu untuk Beralih ke Beras Merah? Ketahui 5 Manfaatnya!

Masih Ragu untuk Beralih ke Beras Merah? Ketahui 5 Manfaatnya!

FYI

Beras merah bisa menjadi alternatif bagi orang yang sedang menjalankan diet. Hal ini disebabkan karena beras merah mengandung serat yang lebih banyak dari beras putih dan beras merah lebih lama dicerna sehingga yang mengonsumsinya tidak cepat merasa lapar. Namun, tak sedikit juga yang kurang menyukai beras merah dan beralasan karena rasanya kurang enak, teksturnya lebih kering, dan lain sebagainya. Apakah Anda salah satunya? Kalau begitu Anda perlu tahu 5 manfaat beras merah berikut ini!

1. Kaya Akan Gizi 
Berbeda dengan beras putih, beras merah adalah sumber karbohidrat yang lebih kompleks. Hal inilah yang membuat beras merah lebih unggul dari beras putih dan sumber karbohidrat lainnya. Beras merah juga mengandung sejumlah zat gizi yang membuatnya kaya akan gizi, seperti karbohidrat, serat, vitamin B yang berfungsi mendukung proses otak dan pembentukan sel darah, magnesium beserta fosfor dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, dan juga kalium untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan fungsi jantung.

2. Baik untuk Pencernaan
Karena mengandung serat yang tinggi, beras merah dapat menyehatkan pencernaan sehingga Anda yang mengonsumsinya dapat terhindar dari masalah pencernaan. Serat yang terkandung dalam beras merah juga baik untuk usus dan metabolisme tubuh, bahkan dapat membantu mencegah kanker usus, lho.   

3. Sumber Mineral
Beras merah juga dapat menjadi sumber mineral karena mengandung beragam jenis mineral seperti mangan, magnesium, dan selenium. Seseorang yang mengonsumsi mangan yang cukup dapat meningkatkan kesehatan sistem saraf. Mineral dan vitamin yang terkandung dalam beras merah juga dapat membantu tubuh membuang radikal bebas. 

4. Mengontrol Kadar Gula
Kandungan serat dan juga kalori yang lebih rendah daripada beras putih membuat beras merah baik dikonsumsi bagi Anda yang menderita diabetes. Jadi, bagi Anda yang sudah menderita diabetes dan masih berpikir dua kali untuk beralih ke beras merah, inilah saatnya Anda meninggalkan beras putih. 

5. Baik untuk Kolesterol
Bila Anda juga menderita kolesterol, sudah saatnya Anda beralih ke beras merah karena beras merah dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) jika dikonsumsi secara teratur. Hal ini berasal dari minyak dedak padi yang merupakan sumber dari senyawa khusus yang dapat mengatur tingkat kolesterol dalam tubuh. So, masih berpikir lagi untuk mengonsumsi beras merah?