Sunday, September 15, 2019
Recreation
Recreation

Masjid Ramlie Musofa, ‘Taj Mahal’ di Utara Jakarta

Spectr News Theme Isny Dewi R.
17, May 2019
846

Tahukah Anda ternyata di Jakarta ada sebuah masjid yang bentuknya menyerupai Taj Mahal, bangunan termahsyur di India? Masjid bernama Masjid Ramlie Musofa itu berdiri menjulang di tengah deretan rumah-rumah besar di Jalan Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara. Sebuah kubah berukuran besar yang dikelilingi sejumlah tiang-tiang kecil menghiasi bangunan berlantai tiga itu. Bagian luarnya terdapat ornamen ukiran khas Arab yang semakin mempercantik masjid.

Menurut pengurus Masjid Ramlie Musofa, arsitektur masjid berpelitur putih itu memang sengaja dibuat mirip Taj Mahal. Mengapa Taj Mahal? Karena mereka ingin mengambil filosofinya. Pendiri Masjid Ramlie Musofa terinspirasi kisah didirikannyaTaj Mahal yang menjadi monumen lambang cinta seorang raja terhadap sang istri. Pendiri masjid ini pun berharap Masjid Ramlie Musofa bisa menjadi lambang cinta-nya terhadap Allah SWT, Islam, dan keluarga.

Lalu apa arti dari nama Ramlie Musofa? Nama tersebut rupanya berasal dari inisial keluarga pendiri masjid, Ram untuk Ramli Rasidin dan Lie untuk Lie Njok Kim, nama sang istri. Sedangkan Mu berasal dari nama Muhammad, anak pertama Ramli; So dari Sofian; anak kedua Ramli; dan Fa dari kata Fabian, anak ketiga Ramli.

Selain arsitekturnya menyerupai Taj Mahal, Masjid Ramlie Musofa juga memiliki keunikan lainnya, yakni kaligrafi surat Al Quran di dinding-dinding masjid yang dipahat dalam tiga bahasa, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Mandarin. Penggunaan aksara Cina untuk menandakan bahwa masjid tersebut didirikan oleh keturunan Tionghoa.

Di samping itu, penggunaan kaligrafi dengan bahasa Mandarin juga bertujuan untuk memudahkan turis Cina yang ingin memahami Islam. Masjid tersebut memang tak hanya digunakan untuk tempat beribadah saja, tapi juga menjadi salah satu objek wisata di kawasan Jakarta Utara. Pihak masjid terbuka bagi siapa pun yang ingin berkunjung.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration