Thursday, November 14, 2019
FYI
FYI

Mau Coba GrabWheels? Begini Caranya!

Spectr News Theme Isny Dewi R.
08, November 2019
123

Anda mungkin sudah sering melihat orang-orang hilir mudik di jalanan Jakarta menggunakan skuter hijau. Skuter-skuter tersebut merupakan milik perusahaan transportasi daring Grab yang diberi nama GrabWheels, skuter listrik ramah lingkungan berbasis aplikasi.

Bagi Anda yang tertarik menggunakannya, Anda bisa melacak lokasi parkir Grabwheels terdekat melalui opsi eScooter di aplikasi Grab. Lalu akan muncul peta lokasi Anda berada. Jika lokasi Anda berada dekat dengan titik parkir GrabWheels, maka akan muncul titik-titik hijau yang menandakan lokasi parkir GrabWheels beserta informasi jumlah skuter yang tersedia.

Umumnya, jarak antarlokasi parkir tidak terlalu jauh. Hal ini guna memudahkan pengguna saat menggunakan GrabWheels sebagai alat mobilitas jarak dekat yang ramah lingkungan. Jika Anda sudah menemukan lokasi parkir, Anda bisa langsung mendatanginya. Ada dua pilihan skuter, skuter dengan fitur rem tombol dan skuter dengan rem kopling. Lalu pilih skuter yang Anda inginkan.

Kemudian, Anda bisa memindai kode QR yang ada di setiap skuter melalui aplikasi Grab. Ketika memindai, akan muncul informasi mengenai status baterai skuter dan fitur keselamatan di aplikasi Grab.

Jangan lupa gunakan helm demi keamanan dan keselamatan. Untuk menggunakannya, dorong dulu skuter, lalu mulai melaju dengan menekan tombol hijau yang berada di sebelah kanan setang. Tombol hijau ini juga berfungsi untuk menambah kecepatan. Jika ingin memperlambat laju atau berhenti, tekan rem tangan atau menggunakan rem kaki di bagian belakang jika ingin berhenti cepat.


Photo Credit: Instagram @vickyrupps

Berkendara lah di trotoar atau jalur sepeda jika ada.Kontrol laju skuter dengan kecepatan maksimum 10 km / jam. Jika sudah selesai menggunakan, letakkan skuter di titik parkir GrabWheels terdekat, tidak harus mengembalikannya ke titik parkir semula. Jangan lupa untuk scan kode QR di lokasi parkir GrabWheels agar aplikasi bisa mengonfirmasi Anda sudah mengembalikan skuter ke tempat yang benar.

Jika Anda memarkir skuter sembarangan, maka Anda akan dikenakan denda Rp 300.000. Tarif sewa GrabWheels beragam, tergantung durasi sewa. Yang paling umum adalah Rp 5.000 / 30 menit dengan metode pembayaran menggunakan OVO.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration