< Tips

Mau Liburan Tapi Bujet Terbatas? Ini Dia 6 Tipsnya!

Mau Liburan Tapi Bujet Terbatas? Ini Dia 6 Tipsnya!

Tips

Pergi liburan tidak harus selalu mengeluarkan banyak uang, lho. Anda tetap bisa berwisata walaupun dengan bujet terbatas. Bagaimana, ya, caranya? Simak artikel ini!

 

1. Survei Sebanyak-banyaknya
Sebelum Anda berangkat untuk liburan, lakukanlah survei tentang destinasi wisata Anda sebanyak-banyaknya. Cari informasi yang lengkap agar Anda tidak kebingungan saat sampai di sana. Mulai dari penginapan, atraksi, transportasi, hingga pusat belanja murah jangan sampai terlewatkan. Dengan melakukan survei sebelum berangkat, Anda juga bisa memperkirakan pengeluaran selama liburan.

 

2. Cek Promo
Agar tidak mengeluarkan banyak uang, Anda bisa cek promo yang sedang berlangsung baik untuk tiket pesawat, kereta, atau transportasi lainnya hingga akomodasi. Biasanya, bila Anda memesan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. So, bersiaplah untuk berburu harga promosi, ya!

 Photo source: http://www.pixabay.com

3. Bawa Uang Tunai Secukupnya
Saat pergi berlibur, tentu Anda tidak ingin kalau tiba-tiba kehabisan uang. Karena itu, sangat penting Anda melakukan survei tentang biaya dan bawalah uang tunai sesuai dengan biaya yang Anda butuhkan. Jangan lupa catat pengeluaran Anda untuk melacak ke mana saja larinya uang Anda. Yang paling penting, Anda harus bisa menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang sekiranya tidak Anda butuhkan agar pengeluaran Anda tidak semakin berlebih.

 

4. Pergilah Saat Low Season
Saat musim liburan, hampir semua tujuan wisata mengalami kenaikan harga mulai dari transportasi hingga akomodasi. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan pemesanan dari para pelancong. Karena itu, ada baiknya Anda pergi saat tidak musim liburan. Dengan ini, Anda juga bisa menghindari keramaian yang berlebihan pada tempat-tempat wisata. Bukannya menikmati liburan, bisa-bisa Anda malah jadi merasa tidak nyaman saking ramainya orang yang berlibur.

 Photo source: http://www.pexels.com

5. Pilihlah Opsi yang Efektif
Saat berlibur ataupun momen lainnya, tentu Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Misalnya saja soal transportasi, Anda memiliki pilihan naik pesawat atau kereta api. Nilai tambah dari menaiki pesawat adalah Anda akan cepat sampai tujuan namun harga tiketnya pun lebih mahal daripada kereta api. Jadi, untuk menghemat bujet Anda bisa memilih kereta api sebagai moda transportasi menuju tempat liburan. Naik kereta juga tidak kalah nyaman, lho, dibandingkan dengan pesawat. Lewat jalur darat berarti Anda juga bisa menikmati berbagai macam pemandangan, bukan?

 

6. Manfaatkan Fasilitas Gratis
Nikmati layanan atau fasilitas gratis yang bisa Anda dapatkan selama liburan. Misalnya saja di hotel, apabila mendapatkan sarapan gratis tentu sayang bila dilewatkan, kan? Dengan membayar biaya hotel, Anda sudah tidak perlu lagi susah-susah mencari tempat makan dan mengeluarkan bujet lebih untuk sarapan. Cek juga promo gratis menarik yang bisa Anda dapatkan di tujuan wisata Anda. Selamat berlibur!