Monday, August 19, 2019
Company
Company

Oil & Gas Company From Indonesia

Spectr News Theme Rachelle Kandou
16, December 2015
559

Medco Energi Internasional Tbk pada mulanya merupakan perusahaan gas dan minyak asal Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh Arifin Panigoro pada tahun 1980. Perusahaan energi ini dikenal juga dengan nama MedcoEnergi. Saat ini kegiatan usahanya meliputi eksplorasi minyak, gas, produksi, pengeboran dan jasa layanan rig, pembangunan pipa saluran gas, serta pertambangan batu bara.

Pada tahun 2008, Medco mulai memasuki dan merambah ke bidang pipa gas dan mendorong stasiun kompresi di Gunung Megang, Sumatera Selatan. Fasilitas ini digunakan untuk mengangkut gas yang dihasilkan oleh MedcoEnergi dari tambang gas alam di blok Singa Lematang. Pipa gas tersebut dibangun sepanjang 17,5 km dan dibangun untuk menghubungkan Gunung Megang hingga blok Singa Lematang.

Pada tahun 2009, MedcoEnergi memulai bisnisnya di bidang pertambangan batu bara. Untuk usaha batu baranya, MecoEnergi memperoleh hasil tambangnya dari PT Duta Tambang Sumber Alam (DTSA) dan Duta Tambang Rekayasa (DTR). Kedua anak persuahaan ini memiliki surat izin pertambangan di Nunukan, Kalimantan Utara. Pertambangan batu bara di Nunukan ini mampu menghasilkan calorific-value dengan angka yang tinggi sebesar 6.800 kilocalorie ke udara. Perusahaan ini menargetkan produksinya sebesar 600.000 metrik ton per tahun, dengan produksi awal dibangun di kuartal keempat pada tahun 2012.

Oktober 2012, Medco berhasil menjual hasil batu baranya di Cina. Sedangkan di tahun 2013, Medco menjual hasil produksinya sebesar 630.000 ton. Hasil ini melebihi 5% dari target yang telah ditentukan, dengan total penjualan 525.342 ton dengan nilai rata-rata harga jual $81.8 per ton. Saat ini, MedcoEnergi terus mengembangkan sayapnya dan menjadi salah satu perusahaan raksasa di Indonesia.

Rachelle Kandou
Rachelle Kandou
Journalist
Registration