< Technology

Membatalkan Pesan Terkirim dengan Dmail

Membatalkan Pesan Terkirim dengan Dmail

Technology

Pernahkah Anda melakukan kesalahan dalam menulis e-mail dan baru menyesalinya setelah terkirim? Sebuah layanan surat elektronik baru bernama Dmail kini hadir untuk mengatasi masalah tersebut, sekaligus memberikan kemudahan untuk mengatur pesan dalam akun Gmail.

Dengan Dmail, Anda dapat membatalkan e-mail kapan saja. Tidak hanya itu, layanan ini juga dapat memproteksi e-mail sehingga penerima pesan tidak dapat mem-forward pesan yang Anda kirimkan ke orang lain.

Fitur untuk membatalkan pengiriman e-mail sebenarnya sudah ada sebelumnya, sayangnya implementasinya masih jauh dari harapan. Sebagai contoh, pengguna Microsoft Outlook dalam sebuah perusahaan yang menggunakan Exchange Server dapat membatalkan dan mengganti pesan, sayangnya fasilitas ini hanya terbatas pada alamat e-mail perusahaan. Gmail juga memiliki fitur “unsend” untuk membatalkan e-mail, namun hanya dalam kurun waktu 30 detik setelah Anda mengirimnya.

Dmail merupakan sebuah browser extension di Google Chrome. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus memasangnya terlebih dahulu. Ke depannya, Dmail akan dapat dioperasikan di platform lain.

Pada bulan Agustus 2015 mendatang akan diluncurkan aplikasi Dmail untuk iOS yang akan diikuti untuk perangkat Android tidak lama setelahnya. Aplikasi ini akan memungkinkan pengguna untuk menulis dan menerima Dmail langsung dari smartphone mereka.