< Recreation

Mengagumi Keindahan Karya Seni di Galeri Nasional

Mengagumi Keindahan Karya Seni di Galeri Nasional

Recreation Senin: Tutup Selasa-Minggu 10.00-16.00 WIB

(021) 34833954

Siapa bilang jalan-jalan ke museum adalah hal yang membosankan? Kenyataannya tidak selalu seperti itu, kok. Mungkin, karena Anda belum pernah mencoba berkunjung ke Museum Galeri Nasional. Kini, tempat yang kerap disapa dengan sebutan GalNas ini menjadi lokasi favorit para Instagrammers. Tak jarang ada pengunjung yang sengaja berdandan saat datang ke sini demi mendapatkan foto yang maksimal.

Galeri Nasional menyuguhkan pameran karya seni anak bangsa yang begitu mengagumkan. Terdapat dua jenis pameran di museum ini, yakni pameran tetap dan temporer. Untuk pameran tetap, karya seni akan ditampilkan seterusnya di GalNas. Sedangkan pameran temporer, tema karya yang ditampilkan akan berganti-ganti.

 Photo Source: Check In Jakarta doc

Meskipun dari luar bangunannya terlihat tua, justru di situlah letak keistimewaan Galeri Nasional. Bangunan ini terdiri dari tiga gedung, yakni Gedung A, B, dan C. Ketiga gedung tersebut difungsikan untuk memamerkan karya seni rupa modern dan kontemporer. Tiap gedung berisi pameran yang menampilkan karya seni yang antik dan autentik. Berbagai jenis karya seni, seperti lukisan, patung, grafis, fotografi, hingga seni media baru berbagai gaya bisa Anda jumpai di sini.

Hingga kini, setidaknya terdapat 1.700 koleksi hasil karya seniman kebanggaan Indonesia yang dipamerkan di Galeri Nasional. Nama-nama seniman besar, seperti Raden Saleh, Basoeki Abdullah, Affandi S., Hendra Gunawan, dan Sudjojono barulah sedikit dari banyaknya seniman yang karyanya pernah dipajang di GalNas. Ada juga karya dari seniman mancanegara yang ikut meramaikan galeri yang berada di seberang Stasiun Gambir ini.

Photo Source: Check In Jakarta doc

Galeri Nasional menjadi tempat untuk menikmati keindahan karya seni, sekaligus melestarikannya. Tempat ini terbuka untuk masyarakat umum. Pengunjung juga tidak akan dikenakan biaya apapun untuk berkunjung ke sini. Namun, ada beberapa peraturan yang harus Anda patuhi di sini, seperti tidak boleh menggunakan flash dan monopod atau tripod untuk memotret, serta dilarang membuat keributan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, berkunjung ke GalNas!

Address

Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110


Phone

(021) 34833954


Operational Hours

Senin: Tutup Selasa-Minggu 10.00-16.00 WIB


SEE MAP