< Tips

Mengapa Jam 10 Pagi Merupakan Jam Ideal untuk Bekerja?

Mengapa Jam 10 Pagi Merupakan Jam Ideal untuk Bekerja?

Tips

Rata-rata jam kerja dimulai antara jam 08.00 atau jam 09.00 pagi. Menurut Dr Paul Kelley, pakar tidur dari Universitas Oxford, Inggris, mengatakan apabila seseorang mulai bekerja pada pukul 09.00 pagi akan membuat tubuhnya kelelahan dan stres karena kurangnya waktu tidur. Ia pun berpendapat ada beberapa alasan mengapa jam 10 pagi merupakan jam ideal untuk mulai bekerja.

1. Mencocokan dengan Siklus Sirkadian
Semua makhluk hidup memiliki mekanisme waktu, atau disebut juga sebagai jam alami tubuh yang berfungsi untuk mengontrol periode aktivitas mereka. Nah, inilah yang disebut dengan siklus sirkadian. Siklus sirkadian merujuk pada berlangsungnya proses fisiolagis maupun biologis yang berubah-ubah dalam waktu 24 jam.

Misalnya, ada seseorang yang merasa lebih segar, enerjik, waspada, dan dapat lebih fokus saat beraktivitas di pagi hari. Sedangkan saat sore menuju malam hari, secara bertahap tubuhnya mengalami penurunan kefokusan dan kewaspadaan saat sedang melakukan kegiatan. Atau sebaliknya. Itu sebabnya, Dr Paul Kelley mengatakan jam kerja dan jam sekolah sebaiknya dimulai pada jam 10.00 pagi agar cocok dengan jam sirkadian alami manusia.

2. Tubuh Butuh Penyelarasan dan Sinar Matahari
Ibarat kata seperti mobil, sebelum jalan butuh dipanaskan terlebih dahulu supaya cara kerja mesinnya selaras. Apalagi dengan tubuh manusia yang butuh waktu untuk bisa melakukan penyelarasan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tubuh memiliki siklus sirkadian 24 jam dan tidak bisa diubah semaunya. Karena bila diubah semaunya akan berdampak bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, tubuh kita juga akan menyelaraskan diri dengan sinar matahari dan sinyal itu akan dikirimkan ke hipotalamus otak untuk mensinkronisakan dengan siklus sirkadian. Seperti yang ditulis pada http://www.gelombangotak.com, ritme sirkadian setiap orang terikat dengan isyarat sinar matahari. Apabila mengacaukan pola-pola ini dapat menyebabkan sulit tidur. Sehingga tanpa sinyal cahaya, orang cenderung untuk beroperasi pada jadwal 25 jam! Bukan 24 jam lagi.

3. Kurang Tidur Dapat Mempengaruhi Kesehatan
Kurang waktu tidur dapat mempengaruhi kesehatan, baik secara psikis maupun biologis. Jangan heran apabila seseorang akan mengalami frustrasi, cemas, kemarahan, prilaku impulsif, bahkan stres apabila kekurangan tidur. Kurang tidur juga akan berdampak pada kesehatan tubuh seperti kegemukan, hipertensi, gangguan kesehatan jantung, liver, maupun menurunnya daya konsentrasi, serta gampang lupa. Oleh karena itu, jam 10 pagi merupakan waktu yang ideal untuk mulai melakukan pekerjaan atau sekolah. Karena manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup agar bisa melakukan aktivitas sehari-harinya secara maksimal.