< FYI

Mengenal Istilah Power Nap dan 5 Manfaatnya

Mengenal Istilah Power Nap dan 5 Manfaatnya

FYI

Apakah Anda sudah mengenal istilah power nap? Kalau belum, istilah ini berarti tidur dalam waktu singkat yang biasanya dilakukan antara 15-30 menit saja. Mungkin beberapa di antara Anda menganggap bahwa istilah power nap adalah nama lain dari ketiduran. Namun, power nap bisa dengan sengaja dilakukan dan ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, lho. Mau tahu apa saja? Keep reading this article!

1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Segar
Setelah bangun dari power nap, Anda pasti akan merasa lebih segar sejak membuka mata. Tidak jarang setelah bangun, penglihatan Anda menjadi lebih jelas dan tubuh menjadi lebih berenergi. Anda juga akan merasa lebih bersemangat untuk melanjutkan aktivitas lainnya. Banyak orang melakukan power nap di sela-sela aktivitas untuk membuat badan kembali segar dan mengembalikan semangat bekerja. 

2. Baik untuk Kesehatan Jantung
Saat beraktivitas, mungkin Anda sering mengalami lelah hingga menjadi stres akibat beban pekerjaan yang dihadapi. Bila sudah mulai merasa lelah, cobalah untuk tidur sejenak dengan power nap agar Anda bisa beristirahat dari stres yang dirasakan. Dengan ini, jantung Anda juga akan mendapatkan dampak yang baik. Jika dilakukan dalam jangka panjang, Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung, lho.  

3. Dapat Meningkatkan Daya Ingat
Menurut studi dari Profesor David F. Dinges dari Fakultas Kedokteran Universitas Pennsylvania, orang-orang yang melakukan power nap memiliki daya ingat dan konsentrasi yang lebih baik. Selain daya ingat, power nap juga memiliki manfaat untuk kewaspadaan, respon, dan aspek kognitif pada diri Anda. 

4. Membuat Mood Menjadi Lebih Baik
Power nap juga memiliki manfaat secara emosional. Segarnya tubuh setelah power nap dapat meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik. So, bagi Anda yang sedang merasa kesal, daripada marah-marah lebih baik tenangkan diri terlebih dahulu dengan power nap.

5. Meningkatkan Kualitas Hubungan
Karena setelah power nap suasana hati Anda dapat menjadi lebih baik, tentunya ini juga memberikan dampak positif terhadap hubungan Anda baik dengan pasangan maupun dengan kerabat. Anda dapat berpikir dengan kepala dingin, merasa lebih optimis, dan dapat meningkatkan interaksi sosial. Nice!