< Recreation

Mengenang Perjuangan Para Pahlawan di Museum Joang 45

Mengenang Perjuangan Para Pahlawan di Museum Joang 45

Recreation Selasa-Minggu 08.00-15.00 WIB Senin Tutup

Jika anda tertarik dengan sejarah dan menyukai kunjungan ke berbagai museum, maka Museum Joang 45 adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Museum yang terletak di kawasan Menteng ini merupakan salah satu museum yang digunakan untuk mengenang peristiwa-peristiwa penting dalam masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai koleksi peninggalan para pejuang kemerdekaan, seperti mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI pertama hingga mesin jahit semasa perang dulu. Selain itu ada pula koleksi foto-foto dan lukisan tokoh-tokoh perjuangan serta sejarah perjuangan merebut kemerdekaan sekitar tahun 1945. Beberapa tokoh pejuang juga ditampilkan dalam bentuk patung.

Di sini Anda juga dapat menyaksikan film yang mengisahkan bagaimana peristiwa bersejarah sebelum diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia. Film ini sendiri dimainkan oleh kelompok Pemoeda Menteng 31. Salinan film ini juga dapat dibeli, lho.

Ada pula diorama Museum Joang 45 yang menggambarkan situasi di Gedung Menteng 31, sebelum dan sesudah Indonesia merdeka. Terihat foto Jenderal Sudirman yang sedang ditandu saat memimpin perang gerilya melawan Belanda karena sakit pada paru-parunya.

Bangunan ini sendiri dulunya merupakan sebuah hotel bernama Schomper Hotel yang dikelola oleh keluarga keturunan Belanda bernama L.C. Schomper. Lalu saat Jepang mengambil alih kependudukan di Indonesia, gedung ini digunakan oleh Ganseikanbu Sendenbu (Departemen Propaganda Jepang) dan diubah namanya menjadi Gedung Menteng 31.

Pada tanggal 19 Agustus 1974, gedung ini dialihfungsikan sebagai museum dan diubah namanya menjadi Museum Joang 45 yang diresmikan oleh Presiden RI dan Gubernur DKI Jakarta yang pada saat itu dijabat oleh Soeharto dan Ali Sadikin.

Jadi bagi Anda pecinta sejarah, museum ini harus masuk dalam daftar kunjungan Anda!

Address

Jl. Menteng Raya No.31, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10340


Operational Hours

Selasa-Minggu 08.00-15.00 WIB Senin Tutup


SEE MAP