Sunday, September 22, 2019
Community
Community

Menyusuri Sisi Lain Ibu Kota Bersama Ngopi Jakarta

Spectr News Theme Isny Dewi R.
23, July 2019
383

Ada banyak hal yang meramaikan Jakarta. Termasuk komunitas yang kini semakin banyak bermunculan. Salah satunya yang menarik untuk diikuti adalah Ngopi (di) Jakarta (NgoJak). Berawal dari obrolan obrolan warung kopi, Ali Zaenal dan kawan-kawan merasa ibu kota tak melulu Monas, Kota Tua, dan Taman Mini Indonesia Indah.

Menurut mereka, Jakarta adalah kota di mana para perantau berkumpul. Mereka merasa perlu ada cerita tentang sisi lain Jakarta yang bisa dibagikan para perantau saat pulang ke kampung halaman. Hingga pada November 2013, mereka membuat blog yang bercerita tentang sisi lain Jakarta beserta hiruk-pikuk di dalamnya.

Lalu pada Agustus 2016, cerita dalam blog tersebut dikonversikan menjadi sebuah komunitas. Melalui komunitas ini mereka mengajak warga Jakarta dan sekitarnya untuk menyusuri seluruh penjuru ibu kota dengan berjalan kaki. Bukan hanya sekadar jalan kaki, nantinya para peserta juga diajak untuk berinteraksi dengan warga setempat.

Komunitas NgoJak sendiri memiliki filosofi “empat sehat lima sempurna” yang terdiri dari matahari, jalan kaki, air putih, senyum, dan sempurna. Sempurna, jika berhasil berinteraksi dengan masyarakat lokal. Namun jika sulit untuk bercengkrama dengan warga setempat, setidaknya empat sehatnya sudah didapat.

Ngopi Jakarta juga mengajak anggotanya memotret kehidupan yang selama ini jarang diperhatikan. Seperti penjaja kopi keliling yang sering disebut Starling (Starbucks Keliling). Para penjaja starling yang biasanya mudah ditemui di kawasan perkantoran dan tempat hiburan, ternyata memiliki ‘markas’ di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Informasi seperti ini hanya bisa didapat melalui interaksi.

Untuk bergabung dengan komunitas ini tidak dipungut biaya, Anda hanya perlu membagikan tulisan ke media sosial atau menulis konten di situs web https://ngopijakarta.com. Selain memiliki situs sendiri, NgoJak juga sudah memiliki aplikasi mobile yang bisa Anda manfaatkan untuk mendaftar atau membaca perjalanan komunitas ini selama menyusuri berbagai tempat di Jakarta.

 

Instagram: @ngopijakarta

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration