< Tips

Merasa Kurang Semangat Bekerja Saat Puasa? Coba Tips Berikut Ini!

Merasa Kurang Semangat Bekerja Saat Puasa? Coba Tips Berikut Ini!

Tips

Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan menahan haus dan lapar serta hal lain yang dapat membatalkan puasa hingga waktu magrib.

Nah, dengan tidak makan dan minum pastinya Anda sering merasa kurang bersemangat untuk beraktivitas karena kurangnya asupan energi, bukan? Agar tetap semangat walaupun sedang berpuasa, yuk, coba tips di bawah ini!

1. Minum Air Putih yang Cukup
Minumlah air putih yang cukup saat sahur agar Anda tidak merasa dehidrasi saat menjalankan puasa. Air putih baik untuk tubuh karena mengandung mineral yang baik dan juga dapat menjaga kadar oksigen di dalam otak.

Tidak hanya saat sahur saja, penuhi kebutuhan mineral tubuh Anda dengan minum air putih yang cukup saat berbuka puasa. Sehingga pada saat bekerja Anda tidak akan cepat merasa mengantuk. Tambahkan juga dengan mengonsumsi makanan bergizi selama bulan Ramadan.

Photo source: http://www.flickr.com

2. Tidur yang Cukup
Agar di kantor tidak merasa ngantuk, pastikan Anda tidur cukup saat malam hari. Hindari begadang terlalu larut dan perbanyaklah istirahat mengingat waktu tidur Anda akan terpotong untuk bangun sahur. Tidak mau, dong, kalau saat bekerja Anda terus-terusan menguap dan tidak fokus akibat terlalu mengantuk?

3. Jangan Terlalu Sering Melihat Jam
Percayalah, jika Anda terlalu sering melihat jam untuk menunggu waktu beduk magrib, waktu akan terasa lebih lama. Saat Anda tahu waktu berbuka masih lama, pastinya Anda akan merasa lesu dan cenderung kurang bersemangat untuk bekerja. Maka dari itu, tetaplah fokus melakukan pekerjaan Anda dan jangan terlalu sering melihat jam hanya untuk menunggu waktu magrib.

Photo source: http://www.pixabay.com

4. Sibukkan Diri
Agar waktu terasa cepat sebaiknya Anda tetap fokus pada pekerjaan. Jangan terlalu banyak memikirkan hal-hal yang tidak penting selain pekerjaan, kecuali jika memang pekerjaan Anda sudah selesai.

Anda pun bisa bekerja sambil mendengarkan lagu favorit agar tetap semangat. Dengan menyibukkan diri dan tidak memikirkan hal-hal lain, pastinya pekerjaan Anda akan lebih cepat selesai, bukan?

5. Kurangi Aktivitas
Saat puasa, sebaiknya Anda mengurangi aktivitas yang biasanya Anda lakukan saat tidak berpuasa. Karena dengan banyak beraktivitas tubuh akan cepat lelah dan Anda otomatis akan merasa lapar dan haus sehingga menjadi kurang bersemangat. Karena itu saat puasa sebaiknya Anda memilah mana aktivitas yang penting dan mana yang bisa ditunda. Selamat berpuasa!