Thursday, June 27, 2019
FYI
FYI

MRT Jakarta Resmi Beroperasi

Spectr News Theme Isny Dewi R.
26, March 2019
455

Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta resmi beroperasi Minggu, 24 Maret 2019, usai diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. MRT Jakarta menjadi bagian dari integrasi antar moda transportasi di Jakarta melalui program Jak Lingko. Dalam peresmian yang berlangsung di Stasiun MRT Bundaran HI, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo. Peresmian ini juga sekaligus menandai dimulainya pembangunan MRT Jakarta fase kedua rute Bundaran HI - Kota.

“Moda Raya Terpadu ini juga kita dorong untuk menjadi bagian dari Jak Lingko, sebuah sistem integrasi transportasi Ibu Kota, mulai dari kendaraan kecil hingga kendaraan besar, dari first mile hingga last mile. Pada saat ini, MRT Jakarta telah terintegrasi dengan Transjakarta. Ke depan, kita dorong terus integrasi dengan moda transportasi lainnya seperti LRT dan Commuter Line, dalam kerangka Jak Lingko. Dan kita akan terus kawal pembangunan MRT Fase 2 dan fase-fase berikutnya," ujar Anies.

Anies juga menjelaskan bahwa rata-rata Ratangga (nama kereta MRT) akan beroperasi selama 19 jam, dengan jeda waktu tunggu sekitar lima menit pada jam sibuk, dan 10 menit saat jam normal. MRT Jakarta akan beroperasi dengan delapan rangkaian mulai pukul 05.30 – 22.30 WIB selama bulan Maret dan April. Sesudahnya, jumlah rangkaian kereta ditambah menjadi 16, dan jam operasional mulai pukul 05.00 – 24.00 WIB. Untuk pengoperasian tersebut, terdapat 71 masinis serta 350 tenaga operasi dan pemeliharaan.

Kini MRT Jakarta tengah memberlakukan Fase Operasi Tidak Berbayar mulai 25 Maret - 31 Maret 2019, di mana warga dapat menggunakan MRT Jakarta gratis dengan mendaftar terlebih dulu di www.ayocobamrtj.com. Lalu menunjukkan bukti konfirmasi pendaftaran kepada staf MRT Jakarta yang berada di setiap pintu masuk stasiun.

Untuk mengoptimalkan layanannya, MRT Jakarta juga terintegrasi dengan moda transportasi publik lainnya. Stasiun MRT pertama yang terintegrasi adalah Stasiun MRT Bundaran HI dengan Halte Transjakarta Bundaran HI. Sejak 2014 lalu, halte ini sempat dibongkar karena adanya pembangunan MRT. Lalu pada Minggu, 24 Maret, Halte Bundaran HI mulai kembali beroperasi dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas baru dengan desain yang unik.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration