Tuesday, March 31, 2020
Event
Event

MUFFEST 2020 Resmi Dibuka dengan Konsep Sustainable Fashion

Spectr News Theme Isny Dewi R.
21, February 2020
339

Ajang fesyen busana muslim tahunan, Muslim Fashion Festival kembali digelar dan baru saja dibuka pada Kamis (20/2), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan. Acara ini akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 20 hingga 23 Februari mendatang.


Photo source: Check In Jakarta doc. / Eska

Dalam pidatonya saat Opening Ceremony MUFFEST 2020, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), Teten Masduki, menyatakan apresiasinya terhadap penyelenggaraan MUFFEST. Menurutnya, ajang ini dapat menjadi langkah nyata untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia di masa mendatang.

Selain itu, Teten juga membahas potensi pasar fashion muslim yang dianggap cukup menjanjikan. "Pasar produk fashion muslim Indonesia terbilang sangat potensial dan masih memiliki ruang untuk digarap dengan maksimal dan terencana," ujarnya.

Sejalan dengan Teten, chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC), Ali Charisma mengatakan bahwa tujuan pihaknya mengadakan acara ini adalah untuk memajukan industri modest fashion di Indonesia. Ia berharap, nantinya, MUFFEST bisa berkolaborasi dengan brand-brand ternama internasional, sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia.

Lebih lanjut, Ali juga menjelaskan Muslim Fashion Festival Indonesia kali ini mengusung konsep sustainable fashion, yang menyoroti peran fashion dalam menjaga kelestarian lingkungan. "Melalui MUFFEST, kami banyak melakukan campaign dan hal-hal kecil yang bermakna untuk mendukung sustainable fashion," ungkap Ali.


Photo source: Check In Jakarta doc. / Isny

MUFFEST 2020 disebut-sebut menjadi ajang bertemunya para desiner, baik desainer muda maupun desainer kondang yang sudah lama berkecimpung di dunia fashionn muslim. Perwakilan dari Dyandra Promosindo, Andika Irawan, mengatakan akan ada lebih dari 100 desainer busana muslim yang berpartisipasi dalam perhelatan yang diadakan di Jakarta Convention Center ini.

"Selama empat hari akan ada 17 fashion show dengan 100 lebih desainer,” ujar Andika saat Press Conference MUFFEST 2020. Nama-nama seperti Ria Miranda, Monika Jufry, Barli Asmara, ETU, Deden Siswanto, Rani Hatta, Wignyo Rahadi, Lisa Fitria, Hannie Hananto, Itang Yunasz, hingga Ivan Gunawan dipastikan bakal memamerkan karya mereka.

Dalam pamerannya, MUFFEST 2020 juga menggandeng para pelaku usaha kecil dan menengah yang menjadi pendukung industri fashion melalui berbagai produk turunan fashion. Untuk itu, diharapkan ajang ini bisa memberikan kontribusi bagi ekonomi nasional dengan memajukan dan mendorong potensi industri fashion muslim baik dari tingkat terkecil hingga terbesar.

Selain pameran, gelaran ini juga akan dimeriahkan fashion show, talk show, seminar, termasuk area untuk exhibition retail (B2C). Yang menarik, pada program talk show MUFFEST tahun ini juga akan menghadirkan Summer Albarcha, seorang fashion influencer dari New York, Amerika Serikat.


Photo credit: Check In Jakarta doc. / Eska

Dalam upacara pembukaan MUFFEST 2020, beberapa desainer yang bernaung di bawah IFC dan peserta MYDC (Modest Young Designer Competition) juga turut unjuk kebolehan dengan memamerkan busana mereka dalam bentuk fashion show.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Muslim Fashion Festival 2020, Anda bisa membeli tiket masuk seharga Rp 25.000 di ticket box yang tersedia di lokasi acara. Sementara, tiket untuk menghadiri fashion show hanya bisa didapat oleh mereka yang memperoleh undangan khusus dari desainer. Untuk informasi lebih lengkap, bisa Anda lihat di Instagram @muslimfashionfestival.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration