Sunday, September 22, 2019
FYI
FYI

Mural Persahabatan Hiasi Terowongan Kendal

Spectr News Theme Isny Dewi R.
01, August 2019
324

Terowongan Kendal kini semakin ramai dengan hadirnya mural baru. Tembok di sepanjang terowongan tersebut dipercantik oleh mural yang unik dan menarik. Melalui unggahan Instagram @dkijakarta diketahui mural tersebut diberi nama Mural Persahabatan yang merupakan bentuk perayaan 25 tahun hubungan antara Jakarta dan Berlin sebagai Sister City.

Sejumlah seniman pun dilibatkan dalam pembuatan Mural Persahabatan. Antara lain Darbotz dari Jakarta dan Snyder dari Berlin, serta turut melibatkan Dewan Kesenian Jakarta dan IMural sebagai kurator mural tersebut. Proses pengerjaannya sendiri berlangsung sejak 23 Juli – 3 Agustus mendatang.

Dipilihnya Terowongan Kendal sebagai lokasi pembuatan mural ini merupakan bagian dari upaya memberikan pengalaman lain bagi pejalan kaki, sehingga mereka tidak hanya berpindah tempat saja, tapi juga dapat menikmati nilai estetika saat sedang berjalan kaki.

Terowongan Kendal sendiri merupakan jalur pedestrian sekaligus Kawasan Berorientasi Transit (Transit Oriented Development) yang menghubungkan sejumlah moda transportasi umum di Jakarta, yaitu MRT Jakarta, KRL commuter line, KA Bandara, dan Transjakarta. Dibangunnya terowongan ini bertujuan untuk mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik sehingga dapat menunjang daya angkut penumpang dan memudahkan warga Jakarta yang ingin berpindah transportasi.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration