Tuesday, November 19, 2019
Recreation
Recreation

Ini Dia Museum Pemadam Kebakaran Pertama

Spectr News Theme Isny Dewi R.
27, March 2019

Tahukah Anda ternyata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tak hanya menjadi rumah bagi puluhan anjungan daerah, tapi juga menjadi tempat bernaungnya Museum Pemadam Kebakaran? Hingga saat ini museum tersebut disebut-sebut sebagai satu-satunya museum pemadam kebakaran, sekaligus yang pertama di Indonesia.

Museum ini bisa Anda temukan di dekat pintu TMII dan menjadi satu dengan Pos Pemadam Kebakaran Sektor 9 Taman Mini Indonesia Indah yang masih aktif beroperasi. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta membangun museum ini pada 1 Maret 2015.

Untuk menuju Museum Damkar, Anda bisa menggunakan Transjakarta. Halte terdekat dengan TMII adalah Halte Taman Mini Garuda. Anda dapat melewati pintu 1 TMII untuk melanjutkan perjalanan menuju museum ini. Masuk ke dalam museum gratis. Anda hanya perlu membayar tiket masuk kawasan TMII Rp 20.000. Dari gerbang TMII, Anda bisa menaiki kereta kelinci dengan tarif Rp 10.000 yang biasa digunakan untuk mengelilingi TMII. Atau bisa juga menyewa sepeda dengan tarif Rp 15.000 per jam.

Dari luar, Museum Damkar tampak sama seperti pos pemadam kebakaran pada umumnya. Museum dua lantai ini didominasi warna merah dan biru. Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran terparkir di halaman museum. Salah satu kendaraan yang sangat menarik perhatian di sini adalah sebuah mobil berwarna merah tanpa atap dengan tanki besar di belakangnya. Mobil tersebut sempat digunakan oleh Dinas Damkar DKI Jakarta sejak tahun 1969 hingga sekitar tahun 2006.


Photo Source: https://museumdamkar.wordpress.com

Masuk ke dalam museum, Anda akan dibuat terkesima melihat tumpukan helm model lama pemadam kebakaran di sebuah meja dan dikelilingi tumpukan nozzle atau alat untuk menyemprotkan air. Di sisi kanan dan kiri museum terdapat perlengkapan pemadam kebakaran yang sudah berusia lebih dari 20 tahun.

Yang tak kalah menarik, terdapat terompet kuno yang dulunya digunakan oleh korps musik (korsik) Damkar. Terpajang juga lonceng-lonceng tua yang pada masanya dulu digunakan sebagai pengganti alarm. Foto-foto bersejarah para pemadam kebakaran pada zaman dahulu juga terpampang di dinding-dinding museum.

Museum ini sering didatangi siswa-siswi dari berbagai sekolah. Anda pun dapat mengajak anak Anda mengunjungi Museum Damkar TMII untuk mengenalkan mereka tentang sejarah pemadam kebakaran di Indonesia.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration