Tuesday, July 23, 2019
Shopping
Shopping

Naked Inc. Toko Zero Waste Pertama di Jakarta

Spectr News Theme Isny Dewi R.
10, July 2019
223

Saat ini, banyak sekali masyarakat yang tengah berusaha meminimalisir penggunaan plastik dalam kegiatan sehari-hari untuk membantu melestarikan lingkungan. Hal itu pula lah yang diterapkan sebuah toko di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Naked Inc. Toko ini menjadi pelopor zero waste store di Jakarta.

Zero waste sendiri merupakan cara untuk meminimalisir sampah dan mengurangi kemungkinan makanan akan terbuang. Toko zero waste menggunakan alternatif lain untuk menggantikan plastik. Di toko ini pula, pembeli juga diperbolehkan membeli barang dalam jumlah sedikit dan sesuai kebutuhan.

Terletak di Como Park, Kemang, letak Naked Inc. memang agak tersembunyi dan tidak begitu luas,namun toko ini menawarkan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang cukup lengkap. Di sini Anda bisa sekadar jajan snack, atau membeli pasta, bumbu dapur, kacang-kacangan, berbagai macam minyak, hingga produk homemade essentials seperti sabun mandi, sampo, sabun cuci, dan deodorant. Semua barang yang dijual di Naked Inc dijamin aman untuk kesehatan, karena dibuat tanpa bahan pengawet, pewarna, dan perasa buatan.

Selain itu, toko zero waste ini juga turut mendukung produk lokal. Ya, semua barang di sini didapat dari produsen lokal yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Naked Inc. mengajak produsen lokal untuk mempromosikan barangnya di sini. Keren!


Photo Source: @nakedincjkt

Untuk Anda yang belum pernah belanja di toko zero waste, tak perlu bingung! Sebelum mengunjungi Naked Inc, Anda bisa membawa wadah kosong dari rumah. Siapkan juga daftar belanja beserta perkiraan jumlahnya. Saat tiba, Anda bisa langsung mengambil barang-barang dibutuhkan. Nantinya, staf Naked Inc. akan menimbang berat wadah yang Anda bawa dan akan diisi dengan barang yang ingin Anda beli.

Kemudian, wadah akan ditimbang kembali. Berat wadah setelah diisi akan dikurangi berat wadah sebelum diisi. Hasilnya, berat item yang dibeli akan dikalikan harga per gramnya. Sesuai konsep zero waste, pembeli hanya harus membayar barang berdasarkan hitungan per gram.

Bagaimana jika Anda tidak mempunyai wadah atau lupa membawanya? Tenang! Karena Naked Inc. menyediakan wadah kaca dengan harga yang terjangkau. Toko ini juga menyediakan program adoption untuk wadah-wadah tak terpakai milik customer, yang dapat disumbangkan ke Naked Inc. Open adoption ini dipatok Rp5.000 saja. Hasil penjualan wadah tak terpakai itu nantinya akan disumbangkan ke berbagai lembaga bantuan yang berganti setiap bulan.

 

Instagram: @nakedincjkt

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration