Saturday, January 25, 2020
Street Food
Street Food

Nikmatnya Santap Siang dengan Pecak Ikan di Warung Betawi H. Muhayar

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
30, December 2019
191

Penggemar masakan Betawi? Kalau begitu Anda harus sempatkan waktu mengunjungi Warung Betawi H. Muhayar yang berlokasi di Jl. Taman Margasatwa No. 18, Pasar Minggu ini. Seperti warung makan sederhana pada umumnya, jejeran meja kayu dan kursi plastik memenuhi ruangan. Jika kebetulan datang di jam makan siang, Anda harus rela berbagi tempat dengan pengunjung lain.

photo source: https://www.zomato.com/users/nina-3553661 

Dari sekian banyak masakan Betawi yang disajikan di sini, pecak ikan masnya memang lebih populer. Sebelum digoreng hingga garing dan disiram dengan kuah asam, ikan mas terlebih dahulu dibumbui, sehingga menghasilkan rasa asin gurih di setiap potong ikan mas. Kemudian, kuah pecak disiram di atas ikan yang baru digoreng. Kuahnya sendiri merupakan campuran bawang merah, bawang putih, cabai merah dan jahe.

photo source: https://www.zomato.com/dewiktk 

 

Jika kurang pedas, Anda bisa menambahkan sambal terasi khas Betawi yang diulek kasar. Kombinasi cabai merah, terasi, dan tomat segar mampu menambah selera makan. Ditambah dengan lalapan yang cukup lengkap dan porsinya melimpah, dijamin bikin kalap! Ada daun poh-pohan, kemangi, selada, kacang panjang, rebusan daun papaya dan singkong.

photo source: https://www.zomato.com/ilegece 

 

Selain pecak ikan mas yang dihargai sekitar Rp35.000-an, ada juga pecak ikan gurame yang porsinya lebih besar, sehingga bisa disantap beramai-ramai. Jika Anda tidak suka ikan, Anda bisa mencicipi ayam goreng pecak yang menggunakan ayam kampung dengan daging yang gurih dan empuk.

 

photo source: https://www.zomato.com/dewiktk 

Saat berkunjung ke warung makan yang sudah ada sejak 1980 ini tidak lengkap rasanya jika tidak memesan sayur asem. Dengan kuah cenderung lebih bening, rasa asamnya begitu memikat. Isinya pun cukup lengkap, dalam semangkuk sayur asem, Anda bisa menikmati potongan labu siam, kacang panjang, jagung manis, melinjo dan oncom.

 

 

Top photo source: https://www.zomato.com/jakarta/warung-betawi-h-muhayar-pasar-minggu/photos

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration