< Technology

Smartphone Android Pertama dari Nokia

Smartphone Android Pertama dari Nokia

Technology

Sebelum Android dan iPhone merajai dunia smartphone, ada satu perusahaan yang sempat menjadi salah satu ‘petinggi’ dunia telepon genggam: Nokia. Perusahaan asal Finlandia ini menjadi pabrikan terkemuka yang produknya dikenal seluruh dunia hingga akhirnya harus tutup pada tahun 2014 dan diakuisisi oleh Microsoft karena mengaku kalah dengan pemasaran iPhone dan Android.

 

Namun pada tahun 2016, nampaknya Nokia siap bangkit kembali karena HMD Global, sebuah perusahaan asal Finlandia, memiliki andil dan lisensi untuk membuat smartphone dengan menggunakan merek Nokia. Yup, Nokia 6 menjadi produk pertama Nokia berbasis Android yang diluncurkan pada Januari 2017.

 

Smartphone dengan layar sentuh berukuran 5,50 inci ini pertama kali dipasarkan di Cina dengan harga 1.699 Yuan atau kalau dirupiahkan menjadi sekitar Rp3 jutaan. Alasan negara tersebut menjadi target pasar Nokia adalah karena banyaknya pengguna Nokia yang berada di Negeri Tirai Bambu ini.


Photo source: http://www.nokia.com

Spesifikasi smartphone ini cukup bisa diperhitungkan, lho. Misalnya saja menggunakan prosesor 1.1GHz octa-core Qualcomm Snapdragon 430 dan RAM sebesar 4GB. Soal memori, Nokia 6 memiliki 64GB memori internal yang bisa ditambah lagi dengan memori eksternal hinggal mencapai 128GB. Tidak perlu khawatir akan kehabisan memori, ya?

 

Nokia 6 dibekali dengan Android 7.0 sebagai sistem operasi dengan daya tahan baterai tanam berkapasitas 3000mAh. Bagi Anda yang suka menggunakan smartphone untuk mengambil foto, Anda perlu tahu kalau Nokia 6 memiliki kamera 16 megapiksel untuk kamera utamanya, dan 8 megapiksel untuk kamera depan. Wow!