Monday, May 25, 2020
FYI
FYI

Olahraga yang Aman Dilakukan saat Puasa

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
06, May 2020
215

Di bulan Ramadan ini, ternyata tidak sedikit orang yang tetap melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, jenis olahraga seperti apa yang baik dilakukan saat perut kosong (berpuasa)?

1. Yoga

Saat puasa, disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan seperti yoga. Hampir semua jenis olahraga dapat meningkatkan kebugaran, begitu juga dengan yoga. Selain dapat membakar lemak dalam tubuh, yoga juga membantu mengurangi stres, memperbaiki suasana hati sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

2. Jalan Santai

Olahraga dengan intensitas ringan selanjutnya yang dapat Anda lakukan selama puasa adalah jalan santai. Jalan santai selama minimal 15 menit menjelang waktu berbuka puasa memiliki banyak manfaat termasuk memperkuat otot dan tulang (persendian), memperbaiki kesehatan jantung dan sistem imun, serta menurunkan kadar gula darah yang biasanya menyebabkan kantuk setelah makan. Jangan lupa pakai masker saat jalan santai di luar rumah, ya!

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan olahraga dengan intensitas sedang. Meski sedang berpuasa, Anda tetap dapat bersepeda selama 30 menit menjelang waktu berbuka puasa. Bersepeda selama 30 menit baik untuk mencegah risiko jantung dan darah tinggi. Selain itu, bagi yang memiliki insomnia akut bisa menjajal olahraga ini agar jam biologis kembali normal. Pastikan Anda melakukan peregangan sebelum berolahraga dan selalu mengenakan masker saat berada di luar rumah.

 

 

Top photo source: https://pixabay.com/photos/woman-fitness-fit-life-healthy-1456950/

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration