Tuesday, December 10, 2019
Community
Community

Order 66 Sith, Komunitasnya Para Penggemar Star Wars

Spectr News Theme Isny Dewi R.
08, October 2019
315

Bisa dibilang Star Wars merupakan film yang memiliki penggemar paling banyak dan tersebar di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Penggemarnya pun memiliki berbagai macam latar belakang, mulai dari anak-anak sekolah hingga mereka yang bahkan sudah menyandang status sebagai seorang ayah.

Di Indonesia sendiri, ada banyak komunitas penggemar film ciptaan George Lucas tersebut, salah satunya adalah Order 66 Sith, komunitas independen yang menjalani hobi mereka tanpa batasan dan aturan. Order 66 Sith murni fanbase non-profit yang tidak terikat oleh Disney, namun komunitas ini sudah diakui Lucas Film di San Fransisco.

Layaknya komunitas, Order 66 Sith juga kerap melakukan pertemuan antar anggota. Sebulan sekali mereka rutin mengadakan pertemuan di Toy Zone, Kemang. Dalam pertemuan tersebut mereka bisa saling sharing informasi, bertukar atau menjual koleksi, hingga membuat workshop.

Bedanya Order 66 Sith dengan komunitas lain adalah komunitas ini tidak memiliki cabang berdasarkan wilayah, melainkan berdasarkan aliran. Ini karena Star Wars merupakan film dengan dunia fiksi terluas. Seiring berjalannya waktu, ada anggota yang membuat perkumpulan sendiri khusus penggemar tokoh tertentu dan sering berkumpul bersama mereka yang satu aliran.

Alasan mengapa komunitas ini menggunakan nama Order 66 Sith adalah karena dulu saat era 90-an sampai 2010 komunitas ini bernama Jedai Consul Indonesia, tapi nama itu dirasa terlalu sempit, karena Star Wars bukan hanya soal Jedai saja. Maka diubah lah menjadi Order 66 Sith, sebuah peristiwa penting dalam film Star Wars yang juga melambangkan perubahan. Kata Sith sendiri juga merupakan singkatan dari Star Wars Indonesia Trooper Homebase.

Order 66 Sith terbuka untuk umum, tidak ada syarat khusus untuk siapapun yang ingin bergabung. Namun, setiap individu dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 150 ribu untuk mendapatkan beberapa keuntungan sebagai anggota, yaitu kaos, ID card, dan lain-lain. Jika Anda tertarik bergabung, Anda bisa daftar di acara yang mereka adakan atau menghubungi kontak Order 66 Sith yang tertera di samping.

Facebook: order66indo

 

Top Photo Source: Instagram order_66_sith

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration