Thursday, December 12, 2019
Recreation
Recreation

Pantai Pasir Putih Sirih Untuk yang Butuh Vitamin Sea

Spectr News Theme Isny Dewi R.
04, December 2019
169

Kalau Anda bosan liburan di Jakarta, ada Anyer yang bisa dijadikan alternatif hilangkan penat. Salah satu kawasan di Serang, Banten ini memang terkenal menyimpan segudang pantai yang indah. Salah satunya yang menarik untuk dikunjungi saat liburan adalah Pantai Pasir Putih Sirih.

Anda bisa mengunjungi pantai ini menggunakan kendaraan pribadi, dengan durasi perjalanan sekitar 2 – 3 jam. Jangan khawatir! Karena kini kondisi jalanan menuju pantai-pantai di Anyer sudah bagus dan mulus. Dijamin tidak akan membuat Anda menggerutu di perjalanan.

Tapi kalau Anda memang memiliki jiwa backpacker, Anda bisa menggunakan kereta commuter line dengan tujuan akhir Stasiun Rangkasbitung. Dari Stasiun Rangkasbitung, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kereta lokal Rangkasbitung – Merak, lalu turun di Stasiun Krenceng. Harga tiket sekitar Rp 3.000 saja.

Dari Stasiun Krenceng, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota (angkot) berwarna silver dengan tujuan Anyer, tarifnya kurang lebih Rp 10.000 per orang. Tapi jika tubuh sudah terasa lelah dan ingin cepat sampai, Anda bisa memilih naik taksi online dengan ongkos sekitar Rp 100.000.

Setibanya di Pantai Pasir Putih Sirih, Anda akan disambut deretan warung yang menjual berbagai jajanan hingga buah tangan. Harga tiket masuk ke pantai ini sekitar Rp 20.000 per orang, dan sudah termasuk parkir. Jika datang bersama rombongan menggunakan bis atau mobil, tarifnya akan lebih murah. Setelah melewati parkiran, barulah hamparan pasir putih dengan lautan luas di depannya menyambut Anda.

Pasir putih di pantai ini sangat lembut, jadi akan lebih nyaman menginjaknya jika tidak menggunakan alas kaki. Tapi, jika cuaca sedang panas-panasnya, kami menganjurkan Anda mengenakan sandal, karena pasirnya terasa panas saat diinjak.


Photo Credit: Check In Jakarta doc.

Saat Check In Jakarta berkunjung ke pantai ini, terlihat beberapa petugas sedang berjaga mengawasi pengunjung terutama yang sedang berenang. Sesekali terdengar petugas meniupkan peluitnya. Mereka bahkan masuk ke pantai untuk memperingatkan pengunjung yang berenang terlalu jauh.

Tak heran jika petugas di sini cukup tegas, karena ombak di pantai ini memang tidak dapat diprediksi. Kadang kecil, tapi sewaktu-waktu bisa besar. Terlihat jarak beberapa meter dari bibir pantai terpasang pembatas yang menandakan batas pengunjung saat berenang di laut.

Selain berenang, Pantai Pasir Putih Sirih juga menawarkan hiburan lain seperti banana boat dan mengarungi laut menggunakan kapal nelayan. Tarifnya berkisar antara Rp 25.000 – Rp 50.000 per orang. Cakrawala senja di pantai dekat Jakarta ini sangat memukau. Terlihat anak Gunung Krakatau, Pulau Sabesi dan Pulau Sebuku di kejauhan yang membentuk siluet.

Pantai Pasir Putih Sirih juga menyediakan fasilitas penginapan untuk pengunjung yang ingin menginap dan menyaksikan keindahan sunrise di pantai ini. Jika ingin yang lebih hemat, Anda bisa camping di pantai dengan biaya sekitar Rp 150.000.

Meski keamanannya terbilang baik dan fasilitasnya tergolong lengkap, namun kami sangat menyayangkan kondisi kamar mandi dan toilet di pantai ini yang kotor dan bau. Bahkan beberapa kamar mandi tidak ada gayungnya.

Namun, jika Anda bosan dengan suasana di Jakarta dan tidak ingin pergi jauh-jauh, Pantai Pasir Putih Sirih bisa menjadi pilihan yang tepat, terutama untuk Anda yang merindukan vitamin sea. Ingat! Selalu hati-hati saat asyik bermain di pantai ini dan jangan lupa pakai tabir surya agar kulit tidak terbakar! Selamat liburan!

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration