Saturday, November 16, 2019
Street Food
Street Food

Pedasnya Rujak Kangkung Ini Dijamin Bikin Ketagihan!

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
12, September 2019
500

Memang tidak banyak yang menjajakan makanan khas Kuningan, Jawa Barat ini yang dikenal dengan nama Rujak Kangkung atau Petis Kangkung. Jika Anda penasaran dengan rasa dari kangkung yang diberi bumbu rujak ini, wajib datang ke warung sederhana milik Mpo Ros yang berlokasi di Johar Baru, Jakarta Pusat.

Mba Ros mulai menjajakan Rujak Kangkungnya sejak pukul 8 pagi hingga 3 sore. Sebagai bahan utama, kangkung direbus dalam air mendidih hingga sedikit layu. Bukan tanpa sebab, kangkung tidak direbus hingga terlalu layu, Mba Ros ingin kangkungnya memiliki tekstur renyah sehingga pas dipadukan dengan aneka gorengan seperti tahu dan tempe.

Bumbu rujaknya pun terbilang sederhana namun rasanya begitu nikmat. Ada cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, gula, gara dan sedikit air asam. Air asam berfungsi untuk melengkapi komponen rasa.

Di samping terasa gurih, manis, ada rasa asam yang membuat kangkung rebus terasa nikmat di setiap gigitan. Karena, daun kangkung tidak berair seperti buah pada rujak, sensasi pedasnya justru bertambah. Meski asing ditelinga banyak penikmat makanan rujak kangkung Mba Ros dijamin bisa bikin ketagihan seperti kuliner lain. Jadi, tidak ada salahnya mampir ke sini saat jam makan siang untuk mencicipi nikmat pedasnya makanan khas Kuningan ini.

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration