Monday, April 06, 2020
FYI
FYI

Pembangunan Fase 2 MRT Jakarta Dimulai Maret Ini

Spectr News Theme Isny Dewi R.
25, February 2020
242

Pada Senin (17/02) lalu, PT MRT Jakarta (Perseroda) menandatangani kontrak kerja paket CP201 fase 2A MRT Jakarta. Penandatangan tersebut dilakukan oleh Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Silvia Halim, dan Perwakilan Shimizu – Adhi Karya Joint Venture (SAJV) Yutaka Okumura.

Proyek yang termasuk paket kontrak ini bertujuan untuk membangun dua terowongan yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Harmoni dan dua stasiun bawah tanah, yaitu Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas. Total panjang jalur yang dikerjakan adalah 2,8 kilometer.

Penandatanganan kontrak kerja fase 2 MRT Jakarta itu berlangsung di area exit B Stasiun MRT Bundaran HI, serta disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, Chief Representative Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) untuk Indonesia Yamanaka Shinichi, dan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Budi Harto.

“Baru saja dilakukan penandatangan kontrak CP 201 Fase 2A MRT Jakarta yang akan mengerjakan pekerjaan terowongan sepanjang 2,8 km dari Bundaran HI ke Harmoni dan dua stasiun bawah tanah yaitu Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas,” jelas Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar. Menurut William, proyek fase 2 ini akan dimulai pada bulan Maret 2020 hingga target selesai Desember 2024.

Pembangunan fase 2 MRT Jakarta terbagi menjadi dua bagian, yaitu fase 2A dan 2B. Fase 2A merupakan jalur sepanjang sekitar enam kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun yaitu Stasiun Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Seluruh pekerjaan fase 2A diperkirakan akan berakhir pada Desember 2024.

Sedangkan fase 2B, disebut sebagai jalur North – South yang akan membentang sepanjang sekitar 5,8 kilometer dari Stasiun Kota hingga Ancol dengan tiga stasiun, yaitu Stasiun Mangga Dua, Stasiun Ancol, dan Stasiun Ancol Barat. Rencananya akan mulai dibangun pada 2022 dan target selesai pada 2027.

Dalam sambutannya, Anies mengapresiasi rencana pembangunan fase 2A ini. “Setelah melalui proses perencanaan yang cukup rumit, pengerjaan MRT Jakarta fase 2A khususnya 2,8 kilometer ini bisa ditandatangani dan direncanakan tuntas pada Desember 2024,” ungkapnya. “Ini semua bagian dari membangun transportasi umum massal di Jakarta yang terintegrasi. Di fase 2 ini, semua stasiun akan terintegrasi dengan moda transportasi umum lainnya,” lanjut Anies.

Top photo credit: Instagram @mrtjkt

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration