< Tips

Perbaiki Kualitas Makan Anda dengan 5 Cara Ini

Perbaiki Kualitas Makan Anda dengan 5 Cara Ini

Tips

Disadari maupun tidak, waktu makan menjadi salah satu momen esensial penentu kualitas hidup Anda. Cara makan yang kurang baik bisa mempengaruhi kesehatan yang selanjutnya berdampak pada kelangsungan kegiatan Anda. Pastikan Anda memiliki waktu makan yang berkualitas dengan 5 cara di bawah ini.

1. Mengunyah Makanan Secara Perlahan
Cara ini akan membuat Anda merasakan makanan dan memberikan efek kenyang lebih cepat sehingga Anda bisa membatasi porsi yang Anda konsumsi. Dilansir dari http://dailymail.co.uk, penelitian yang dilakukan oleh Dr Xand van Tulleken membuktikan bahwa wanita yang mengunyah sebanyak 35 kali memakan 30% porsi yang lebih sedikit dibanding wanita yang mengunyah sebanyak 15 kali. Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk menjaga maupun menurunkan berat badan serta mencegah obesitas.


Photo source: http://pexels.com

2. Selalu Makan di Ruang Makan
Tahan dulu untuk menonton acara televisi favorit, karena makan sambil menonton TV akan membuat Anda tak sadar sudah berapa banyak makanan yang Anda konsumsi. Anda tidak menghayati proses makan yang sedang dilakukan sehingga tanpa sadar Anda akan tetap mencari makanan lain karena merasa belum kenyang.

3. Masak dan Nikmati Hidangan Bersama Orang Tercinta
Memasak kemudian menikmati masakan Anda bersama keluarga ataupun orang tercinta akan menciptakan suasana yang gembira dibanding Anda makan seorang diri. Selain menghasilkan makanan yang lebih menyehatkan dibanding restoran, makan bersama juga bisa menjadi kesempatan untuk membiasakan pola makan dengan menu makanan yang bergizi, serta menciptakan komunikasi dan bonding.


Photo source: http://flickr.com

4. Miliki Jam Makan yang Teratur
Selain untuk menghindari penyakit yang bisa muncul saat Anda telat makan seperti maag, mempunyai jam makan yang teratur juga akan menciptakan ritme pencernaan yang teratur. Anda pun bisa dengan mudah menyesuaikan jadwal ‘pembuangan’ yang teratur dengan kegiatan Anda, bukan?

Kalau Anda makan tiga kali sehari, usahakan Anda memadatkan menu untuk sarapan dan makan siang, sementara makan yang ringan-ringan saja untuk makan malam. Melewatkan salah satu jadwal makan akan membuat Anda cenderung melakukan ‘pembalasan’ di waktu makan berikutnya. Perut Anda yang awalnya kosong pun akan kaget dan bisa mengalami begah, mual, bahkan sakit perut. Melanjutkan kegiatan pun akan terasa kurang nyaman.


Photo source: http://pexels.com

5. Imbangi dengan Minum Air Putih
Sebanyak apapun Anda makan perlu diimbangi dengan minum air putih untuk mengefektifkan kerja ginjal. Jangan sampai Anda sudah merasa banyak minum karena telah mengonsumsi banyak teh, jus, ataupun jenis minuman berwarna lainnya karena air putih adalah satu-satunya yang bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan berperan dalam proses pencernaan. Kurangnya minum air putih di samping banyak minum minuman berwarna bisa menyebabkan konstipasi dan infeksi saluran kencing, lho. Lebih baik mencegah dibanding mengobati, bukan?