< FYI

Perbedaan Pengaruh Alkohol Pada Pria dan Wanita

Perbedaan Pengaruh Alkohol Pada Pria dan Wanita

FYI

Sebagian orang mengonsumsi alkohol karena berbagai alasan, seperti memang menyukainya, untuk menghilangkan penat, atau sekedar iseng. Namun, bagi Anda yang cukup rutin mengonsumsi alkohol harus berhati-hati, nih, karena alkohol bisa menjadi bahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

 

Ternyata, ada perbedaan pengaruh alkohol bila dikonsumsi oleh pria dan wanita, lho. Salah satu penyebab perbedaan tersebut adalah berat badan wanita yang lebih ringan daripada pria, sehingga sel dalam tubuh wanita akan lebih banyak yang terpapar oleh alkohol.

 

Beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada wanita yang mengonsumsi alkohol secara berlebihan adalah meningkatnya risiko kanker payudara, gangguan pada hati, otak, hingga jantung. Sedangkan pada pria, mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan cara yang salah dapat menimbulkan berbagai masalah seperti gangguan hubungan sosial, pekerjaan, hingga dapat berujung pada risiko perbuatan pelanggaran hukum.

 

Tubuh wanita memiliki lebih sedikit enzim yang bertugas memroses alkohol dibandingkan dalam tubuh pria. Apalagi, tubuh pria memiliki kadar air lebih banyak yang bisa membantu mencairkan substansi alkohol. Tidak heran apabila saat mengonsumsi alkohol, wanita cenderung lebih cepat mabuk.

 

Karena itu, tetap hati-hati dalam mengonsumsi alkohol, ya. Hindari mengonsumsi alkohol secara berlebihan karena dapat berujung pada ketergantungan yang bisa menyebabkan kecanduan fisik dan mental terhadap alkohol.