< Tips

Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Pergi Mudik dengan Mobil

Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Pergi Mudik dengan Mobil

Tips

Anda berencana pergi mudik menggunakan mobil pribadi? Jangan lupa mengecek kendaraan Anda sebelum menempuh perjalanan jauh menuju kampung halaman. Tentunya Anda tidak ingin, kan, perjalanan mudik Anda terganggu karena mobil yang bermasalah.

Dilansir dari liputan6, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan mudik Anda menggunakan kendaraan pribadi tetap lancar meski perjalanan yang akan ditempuh sangat jauh.

1. Sebelum Menempuh Perjalanan
Lakukan tune up mobil untuk memastikan mesin mobil Anda dalam keadaan prima. Periksa juga oli mesin dan transmisi, air radiator, freon AC, washer kaca depan, minyak rem, dan minyak power steering. Kondisi ban, termasuk ban serep pun tak boleh luput dari perhatian. Pastikan pula semua peralatan darurat, seperti dongkrak, ada pada tempatnya dan bisa digunakan dengan baik.

Hal yang sama juga harus dilakukan pada mobil matic, baik konvensional maupun yang sudah menggunakan transmisi CVT.

2. Saat Dalam Perjalanan
Ingat untuk selalu berkendara dengan prinsip safety driving! Gunakanlah jalan alternatif yang belum lama ini diresmikan pemerintah. Anda juga bisa menggunakan aplikasi peta digital untuk mencari rute perjalanan terbaik dan menghindari titik kemacetan.

Jika Anda menggunakan jalan tol, pastikan kartu uang elektronik Anda telah terisi saldo memadai. Bawa setidaknya dua kartu uang elektronik sebagai antisipasi saat salah satunya bermasalah, hilang, atau kehabisan saldo.

Penting juga untuk memastikan tangki BBM selalu dalam kondisi full, apalagi jika Anda memilih lewat tol dengan rute yang panjang. Simpanlah nomor telepon darurat untuk membantu Anda saat terjadi sesuatu di jalan.

3. Setelah Melakukan Perjalanan
Kembalinya dari mudik bukan berarti mobil Anda bisa ditinggalkan begitu saja di garasi rumah. Kotoran adalah musuh utama yang harus segera dibersihkan.

Bersihkan seluruh area luar mobil tanpa terkecuali. Termasuk bagian kolong mobil yang sering terlupakan. Periksa kembali perangkat teknis mobil seperti roda, lampu, kaki-kaki, dan area ruang mesin. Cek juga apakah ada bodi mobil yang penyok, jika ada segeralah perbaiki!

Untuk bagian dalam, bersihkan seluruh area kabin. Terutama bagi Anda yang membawa anak kecil dan sering makan di dalam mobil. Remahan makanan yang terjatuh bisa mengundang kedatangan hewan seperti semut, bahkan tikus. Belum lagi bau tidak sedap yang ditimbulkan dari sisa makanan tersebut.

Selain itu, lihat juga odometer mobil. Bisa saja mobil Anda sudah memasuki masa penggantian oli mesin atau transmisi setelah menempuh perjalanan yang sangat jauh.