< FYI

Perhatikan 5 Hal ini Saat Berwisata ke Kelenteng

Perhatikan 5 Hal ini Saat Berwisata ke Kelenteng

FYI

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, Anda bisa melihat bagaimana etnis Tionghoa merayakan momen tersebut. Salah satunya dengan berkunjung ke kelenteng. Namun, sebelum melakukan kunjungan, ada beberapa hal yang harus Anda tahu tentang kelenteng. Berikut ulasannya.

1. Siapa pun Boleh Datang
Kelenteng merupakan tempat beribadah pemeluk agama Konghucu. Di Jakarta sendiri ada Kelenteng Jin De Yuan yang merupakan kelenteng tertua di Ibu Kota.

Siapa saja boleh datang ke Kelenteng ini tidak terbatas pada agama. Pengunjung bisa datang untuk melihat nilai religi dan sejarah, juga orang Tionghoa yang sedang beribadah.

2. Menjaga Sopan Santun
Ketika Anda mengunjungi kelenteng, sebaiknya mematuhi norma-norma yang ada. Seperti kesopanan dan kesusilaan, mulai dari pakaian hingga perilaku.

Kenakanlah pakaian yang sopan, bagi perempuan misalnya tidak menggunakan rok mini, lalu tidak menggunakan sandal jepit.

3. Menghargai Orang yang sedang Beribadah
Hal terpenting yang harus Anda perhatikan saat berwisata ke kelenteng adalah menghargai orang yang sedang sembahyang. Seperti tidak berisik, dan tidak melintas di depan orang yang sedang berdoa.

4. Boleh Berfoto-foto
Para pengunjung Kelenteng Jin De Yuan diperbolehkan mengabadikan bangunan atau pun kegiatan di kelenteng dengan kamera. Namun, jangan sampai mengganggu pengunjung yang sedang beribadah. Anda juga dihimbau untuk tidak berfoto tanpa menggunakan flash.

5. Menjaga Kebersihan
Demi menjaga kenyamanan dan keasrian bangunan, para pengunjung diharuskan menjaga kebersihan. Seperti halnya tidak membuang sampah sembarangan. Dan lebih baik lagi jika tidak makan dan minum saat sedang berkunjung.