< Recreation

Perpustakaan Tertinggi di Dunia dengan Segudang Fasilitas

Perpustakaan Tertinggi di Dunia dengan Segudang Fasilitas

Recreation Senin

0800-1-737787

Sebagai perpustakaan negara, Perpustakaan Nasional (PerpusNas) RI menyimpan koleksi buku paling lengkap. Tak hanya itu, PerpusNas semakin menarik untuk dikunjungi karena gedung barunya yang dibuka pada bulan Oktober 2017 lalu juga dilengkapi berbagai fasilitas yang oke punya.

Jika dulu Perpustakaan Nasional RI hanya terdiri dari 3 lantai, kini memiliki 27 lantai, plus satu lantai basement. Maka tak heran jika perpustakaan ini menjadi perpustakaan tertinggi di dunia.

Saat memasuki halaman depan perpustakaan, sebagian besar pengunjung mungkin akan bingung, karena hanya tampak rumah lawas satu tingkat. Bangunan tersebut merupakan lobi awal Perpustakaan Nasional RI yang lama dan kini dijadikan sebagai ruang pameran berbagai instalasi seni yang juga menarik untuk dikunjungi. Begitu keluar melalui pintu belakang rumah lawas tersebut, barulah nampak gedung Perpustakaan Nasional RI yang menjulang tinggi.

PerpusNas RI terdiri dari 24 lantai operasional. Di lantai dasarnya terdapat rak buku yang tingginya mencapai 4 lantai. Sementara lantai 2 merupakan pusat informasi, pembuatan kartu anggota yang berfungsi untuk meminjam buku langsung atau mengakses buku secara daring, dan loker penitipan tas. Anda diwajibkan masuk ke lantai ini, karena untuk membaca di Perpustakaan Nasional RI, pengunjung dilarang membawa tas.


Photo Source: http://mediaindonesia.com

Setiap lantai di Perpustakaan Nasional RI mencerminkan koleksi buku yang tersimpan di dalamnya. Di lantai 14 terdapat koleksi buku langka, sedangkan di lantai 21 - 24 berisi koleksi buku umum. Di lantai teratas, lantai 24 juga terdapat executive lounge dan menjadi tempat yang tidak boleh Anda lewatkan berikutnya, karena menyuguhkan panorama kawasan Monas yang memukau.

Jika Anda membawa anak, maka lantai 7 patut Anda kunjungi, tepatnya Ruang Layanan Anak. Di lantai ini terdapat koleksi buku anak dan ruang membaca yang nyaman. Di sini juga terdapat Ruang Lansia dan Penyandang Disabilitas. Ada koleksi buku huruf braille dan komputer khusus bagi penyandang disabilitas.

Bagi yang ingin menunaikan ibadah Solat, Anda bisa mengunjungi lantai 6. Sedangkan jika Anda mulai merasa lapar, Anda bisa mampir ke kantinnya yang berada di lantai 7. Ingat! Selama kunjungan di PerpusNas RI, Anda hanya diperbolehkan makan di kantin.

Selain buku, Perpustakaan Nasional RI juga memiliki koleksi audiovisual, foto, peta, dan lukisan yang dapat dinikmati pengunjung. Tak jarang, pameran berkala juga diadakan di sini.

Perpustakaan negara ini terletak di lokasi yang strategis, tepatnya di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Anda dapat menggunakan Transjakarta tujuan Pulo Gadung dan turun di Halte Balai Kota. Gedung Perpustakaan Nasional RI berada tepat di seberang halte Transjakarta. Yuk, berkunjung ke Perpustakaan Nasional RI! 

 

Address

Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Gambir, Jakarta Pusat


Phone

0800-1-737787


Operational Hours

Senin


SEE MAP