< Tips

Pertimbangkan 4 Hal ini Sebelum Memelihara Hewan!

Pertimbangkan 4 Hal ini Sebelum Memelihara Hewan!

Tips

Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi satu hal yang menyenangkan. Tetapi alangkah baiknya bila Anda mempertimbangkan dulu anggaran khusus yang akan dikeluarkan untuk menjaga kesehatan ataupun perawatan hewan kesayangan tersebut. Selain membeli makanan khusus, 4 hal di bawah ini tidak boleh luput dari perhatian Anda yang ingin memiliki hewan peliharaan. 

1. Kandang
Hewan peliharaan membutuhkan tempat khusus untuk ‘rumahnya’ sendiri. Pemilihan kandang berukuran besar dan nyaman menjadi hal paling penting untuk menjaga hewan agar terhindar dari stres. Tentunya ada harga untuk bisa mendapatkan kendang seperti itu, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk mendapatkan kandang yang ideal, Anda pun harus siap mengeluarkan kocek berlebih.

2. Perlengkapan untuk Memandikan Hewan
Kebersihan hewan peliharaan patut dijaga dengan cara memandikannya. Memandikan hewan pun dapat dilakukan sendiri di rumah ataupun dibawa ke salon hewan.

Untuk memandikan hewan sendiri di rumah, Anda membutuhkan sampo dan sikat khusus. Anggaran yang dikeluarkan berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenis hewan yang Anda miliki.

Jika tidak ada waktu, Anda bisa pergi ke salon khusus hewan. Tetapi anggaran yang akan Anda keluarkan tentunya lebih besar, tergantung jenis perawatan yang dibutuhkan.

Photo Source: http://satwapedia.com/

3. Vaksin Hewan

Tak hanya manusia, hewan peliharaan pun membutuhkan vaksin agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menular ke manusia di sekitarnya. Vaksin diberikan tidak hanya sekali. Biaya untuk sekali vaksin juga tidak bisa dikatakan murah, yakni berkisar antara Rp80.000,- hingga Rp200.000,-. Jadi, cobalah untuk memperhitungkan biaya vaksin sebelum memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan!

4. Dokter Hewan
Hewan juga bisa sakit dan butuh pergi ke dokter. Pergi ke dokter hewan juga dapat menambah pengetahuan Anda yang baru pertama kali memelihara hewan, seperti bagaimana cara merawat hewan yang baik dan benar. Untuk itu, Anda harus menyiapkan anggaran lebih jika tiba-tiba hewan peliharaan Anda jatuh sakit.

Biaya untuk berobat ke dokter hewan pun bermacam-macam sesuai dengan harga obat, jenis penyembuhan yang diberikan, dan lain sebagainya. Sekali berkunjung, mungkin Anda harus mengeluarkan biaya ratusan hingga jutaan rupiah.

Meski membutuhkan pengorbanan yang cukup besar, namun semua itu akan sebanding dengan melihat hewan peliharaan Anda sehat, lincah, dan menggemaskan.