< Tips

Pertimbangkan 6 Hal Ini Sebelum Membeli Headset

Pertimbangkan 6 Hal Ini Sebelum Membeli Headset

Tips

1. Pikirkan kapan Anda akan menggunakannya
Hal pertama yang perlu ditanyakan kepada diri sendiri adalah apakah dalam kondisi seperti apa Anda akan menggunakan sebuah headset. Apakah Anda akan menggunakannya saat melakukan exercise di gym? Apakah Anda gemar mendengarkan musik di pesawat? Apakah Anda akan mencolokkannya di hi-fi stereo untuk mendengarkan musik secara intens? Mengetahui tujuan menggunakan headset bisa jadi akan sangat mempengaruhi keputusan Anda.

2. Menyiapkan budget
Lakukan riset sederhana dan tentukan rentang harga. Pastikan apa yang Anda harapkan dari sebuah headset. Apakah Anda menginginkan kualitas dan kejernihan suara, atau hanya sekedar headset standar untuk menemani perjalanan. Hal ini akan membantu Anda dalam menyiapkan budget, dan yang lebih penting Anda harus konsisten setelah menentukan berapa jumlah uang yang Anda keluarkan.

3. Memilih jenis bud
Hal ini penting demi kenyamanan Anda ketika menggunakan headset. Beberapa orang memilih bud yang mengisi bagian dalam telinga (in-ear monitor) dan beberapa lainnya menyukai jenis yang diselipkan di telinga (earbud). Pertimbangkan juga apakah Anda lebih nyaman menggunakan headphone. Anda dapat menanyakan kepada teman Anda atau mencoba headset milik mereka sebagai referensi.

4. Fitur wireless
Fitur ini menjadi salah satu yang layak dipertimbangkan, khususnya bagi orang-orang yang menginginkan fleksibilitas dan banyak mendengarkan musik dalam perjalanan. Wireless headset biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Selain itu, suara yang Anda dengar akan terkompresi sehingga kemungkinan besar kualitasnya akan berkurang.

5. Menilai secara objektif
Masing-masing brand memiliki cara tersendiri untuk meyakinkan calon konsumennya. Meskipun Anda mungkin memiliki kecintaan terhadap suatu brand, tidak ada salahnya untuk mencoba menilai secara objektif untuk mendapatkan yang terbaik.

6. Memilih Desain
Sebagian orang membeli headset berdasarkan penampilannya. Headset dengan desain yang cantik atau futuristik dapat memberikan kepuaasan tersendiri bagi penggunanya. Jika Anda menginginkan headset dengan tampilan yang low-profile, Anda dapat memilih warna yang sesuai dengan preferensi Anda.