Friday, November 22, 2019
Technology
Technology

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Jam Tangan Pintar untuk Anak

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
09, September 2019
403

Belakangan, smartwatch atau jam pintar untuk anak menjadi perbincangan hangat di kalangan orang tua. Bagaimana tidak, tampilannya yang penuh warna dan fitur lengkap seperti video call berhasil membius si kecil dan orang tua. Meski demikian, berikut hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli jam pintar tersebut.  

1. Harga yang Tidak Murah

Gadget semacam ini memang tidak dibanderol harga murah. Sebagai contoh, salah satu produsen jam pintar khusus anak, imoo, yang menghadirkan fitur video call dengan jaringan internet 4G, kamera Wide-Angle yang mendukung foto HD dan tahan air dibanderol dengan harga Rp3.000.000-an.

2. Fitur Jam Pintar

Dengan jam pintar, orangtua dapat dengan mudah melacak keberadaan anak dan menghubungi anak kapanpun melalui panggilan telepon maupun video call. Sayangnya, seperti yang diberitakan oleh BBC, Badan Eksekutif Uni Eropa Komisi Eropa melarang pengunaan jam pintar karena dianggap membiarkan anak ditemukan oleh pelaku tindak kejahatan. Komisi Eropa juga menyatakan data yang dikirim dari dan ke jam pintar khusus anak tersebut tidak terenkripsi sehingga berbahaya.

3. Waktu Penggunaan

Jam pintar ini memang menyasar anak-anak yang sudah mengerti gadget. Meski demikian, anak tetap butuh untuk berinteraksi dengan teman seperti bermain outdoor. Jika memang dibutuhkan, batasi penggunaan jam pintar. Misal, digunakan saat jam sekolah saja dengan catatan jika sekolahnya tidak melarang penggunaan jam pintar atau saat berpergian ke mal untuk meminimalisir terpisahnya Anda dengan anak.

 

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration