Saturday, May 25, 2019
Shopping
Shopping

POST Bookshop Tempat Berburu Buku Independen

Spectr News Theme Eskanisa Ramadiani
18, February 2019
437

Pasar Santa di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dikenal sebagai salah satu spot-nya anak muda di Jakarta. Pasar yang sempat booming di tahun 2015 ini masih ramai hingga kini. Banyak kios yang bisa Anda temukan di sini. Mulai dari kios yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari, hingga toko buku. Ya, toko buku pun ada di Pasar Santa. Tapi bukan sembarang toko buku. Adalah POST Bookshop, sebuah toko buku independen.

Toko buku di lantai atas Pasar Santa ini memiliki desain yang memanjakan mata. Dengan interior minimalis dan alunan musik jazz yang menenangkan, para pecinta buku dijamin betah berlama-lama di sini.

Sebagai toko buku independen, tentunya POST berbeda dengan toko buku umumnya. Toko buku yang sudah ada sejak tahun 2014 ini menjual buku-buku pilihan dengan stok terbatas. Semua buku yang dipajang di rak merupakan hasil kurasi tiga pendiri toko, yaitu Teddy, Maesy, dan teman mereka Nissa. Buku-buku tersebut berasal dari penerbit independen dan tidak dijual di toko buku reguler.

Selain buku-buku independen dari dalam negeri, POST Bookshop juga menjual buku-buku impor. Tak jarang, pemilik toko hunting buku-buku impor. Sedangkan untuk buku-buku dalam negeri, pemilik biasanya sudah mengenal penerbit indie yang dengan senang hati memberikan informasi mengenai buku terbaru mereka.


Photo Source: @post_santa

Jangan heran jika POST tidak memiliki katalog, karena pergerakan buku-buku impor sangat cepat, paling banyak mereka menyediakan tiga sampai lima buku impor. Meski POST Bookshop tidak menyediakan buku dalam jumlah banyak, namun buku-buku di sini tersedia dalam genre yang beragam. Ini karena para pendirinya memiliki selera yang berbeda-beda.

Menariknya lagi, toko buku di Pasar Santa ini juga menjual buku-buku bekas di mana hasil penjualannya akan digunakan untuk merawat kucing liar yang tinggal di sekitar Pasar Santa. Tak hanya menjual buku, terkadang POST Bookshop juga menggelar berbagai acara seperti bedah buku, workshop menulis, peluncuran buku terbaru, hingga diskusi, sebagai ruang publik bagi para pecinta buku.

 

Instagram: @post_santa

Eskanisa Ramadiani
Eskanisa Ramadiani
Journalist
Registration