< Technology

Qlue dan CROP Aplikasi Penunjang Jakarta Smart City

Qlue dan CROP Aplikasi Penunjang Jakarta Smart City

Technology

Program Jakarta Smart City yang diprakarsai oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama kini mulai mengimplementasikan teknologi digital. Kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan  developer lokal TerraLogic menghadirkan dua aplikasi digital bernama Qlue dan CROP yang berfungsi untuk memudahkan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah.

Qlue mengadopsi bentuk jejaring sosial dua arah. Melalui aplikasi ini, Anda dapat menyampaikan aspirasi maupun pengaduan secara real time, serta melaporkan semua kejadian di sekitar seperti seperti kemacetan, banjir, jalan rusak, penumpukan sampah, ataupun ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.  Fitur dalam Qlue juga memungkinkan Anda untuk mem-follow teman-teman dan bergabung dalam forum diskusi layaknya jejaring sosial lain.

CROP merupakan aplikasi yang khusus diperuntukkan bagi aparat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan aparat Kepolisian dalam mengakomodir konten dari Qlue. Aplikasi berbasis Android ini juga direncanakaan akan merambah ke perangkat iOS.

Selain melalui aplikasi Qlue, Anda juga dapat mengakses melalui http://smartcity.jakarta.go.id yang terintegrasi dengan fasilitas pengaduan online warga ibu kota lainnya, seperti email dki@jakarta.go.id, Twitter @jakartagoid, dan Facebook jakarta.go.id.

Dengan adanya sistem yang terintegrasi, penanganan atas laporan masyarakat dapat dilakukan dengan lebih cepat. Dengan hadirnya aplikasi ini, siapkah Anda untuk berpartisipasi mewujudkan ‘kota pintar’?